Ilustrasi BNI Life
Perbankan

BNI Tandatangani Kerja Sama dengan Bank asal Korea Selatan dan Jepang

  • Kerja sama ini diharapkan akan memperkuat aktivitas perdagangan ekspor-impor antara Indonesia dengan Korea Selatan dan Jepang.
Perbankan
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Dalam rangkaian acara Business Matching ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, (BNI), telah menandatangani dua nota kesepahaman dengan dua bank asal Korea Selatan dan Jepang. Kerja sama ini diharapkan akan memperkuat aktivitas perdagangan ekspor-impor antara Indonesia dengan Korea Selatan dan Jepang.

"Kami sangat bersyukur bahwa momentum AIPF ini dapat kami maksimalkan. Tentunya kami akan membuka lebih banyak berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan dan di AIPF ini sehingga banyak MoU serta project yang dapat kami realisasikan," ujar Direktur Wholesale & International Banking BNI Silvano Rumantir, dilansir dari antara, Jumat 8 September 2023.

BNI berkolaborasi dengan Korea Exim Bank untuk mendapatkan fasilitas kredit. Fasilitas ini akan  memungkinkan BNI meneruskan dana kepada nasabah-nasabahnya di Indonesia yang melakukan aktivitas impor dari Korea Selatan.

Skema two-step loan ini diharapkan akan memperlancar aliran dana dan meningkatkan perdagangan bilateral antara kedua negara. Kerja sama ini mencakup nilai sekitar US$200 juta atau sekitar Rp3 triliun (kurs Rp 15.000) dan akan menjangkau semua skala usaha, mulai dari korporasi hingga usaha menengah dan UMKM.

Kerja sama kedua melibatkan BNI dengan Shoko Chukin Bank Ltd dari Jepang. Kerjasama ini merupakan langkah strategis BNI untuk memberikan layanan one-stop solution kepada UMKM Jepang yang telah berinvestasi atau berencana berinvestasi di Indonesia. 

BNI telah lama menjadi salah satu bank Indonesia yang menyediakan Japan Desk dengan berbagai kerja sama dengan bank-bank regional Jepang. Dalam kerangka MoU ini, nasabah regional bank Jepang, seperti Shoko Chukin Bank, akan mendapatkan kemudahan layanan perbankan dan pencocokan bisnis dengan nasabah di Indonesia. 

Kerja sama ini bukan hanya akan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia, Korea Selatan, dan Jepang, tetapi juga akan memberikan dorongan ekonomi yang signifikan, khususnya bagi pelaku usaha skala kecil dan menengah di kedua negara. BNI, sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia,BNI terus berupaya untuk mendukung pertumbuhan perdagangan internasional dan investasi di wilayah ASEAN-Indo-Pacific.