Dunia

Bob Junior, Raja Singa Legendaris Ini Dibunuh oleh Pesaingnya

  • Bob Junior dikenal sebagai seekor singa yang menjadi Raja Serengeti. Sebagai "kucing fotogenik" dan "kucing paling keren" di Serengeti, Bob Jr memiliki reputasi yang menakutkan di antara para pesaingnya.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

SERENGATI- Bob Junior dikenal sebagai seekor singa yang menjadi Raja Serengeti. Sebagai "kucing fotogenik" dan "kucing paling keren" di Serengeti, Bob Jr memiliki reputasi yang menakutkan di antara para pesaingnya. 

Dia  telah memerintah selama tujuh tahun dengan bantuan saudaranya, Tryggve. Dan kini saingan yang lebih muda diyakini telah membunuh pasangan itu. "Mereka ingin menggulingkan Bob Junior," kata petugas konservasi Serengeti Fredy Shirima kepada BBC Rabu 15 Maret 2023.

"Insiden ini biasanya terjadi saat pemimpin menjadi tua atau terkadang saat singa jantan lainnya tidak senang dengan kendalinya atas wilayah yang luas," tambahnya.

"Diasumsikan saudara laki-lakinya juga mengalami nasib yang sama, tetapi kami mencoba untuk memastikan hal ini," kata Shirima. Dia  menambahkan bahwa keduanya tewas dalam serangan terpisah namun tampaknya terkoordinasi.

Beberapa konservasionis mengatakan Bob Junior  yang diperkirakan berusia sekitar 10 tahun dan dinamai sesuai nama ayahnya Bob Marley  menikmati status selebritasnya karena ia selalu mudah dikenali.

Bob Junior dilaporkan tidak melakukan perlawanan ketika dia diserang dan dibunuh pada hari Sabtu 11 Maret 2023.

Pejabat satwa liar sedang mempersiapkan penguburan khusus pada hari yang belum diumumkan. Serengeti di Tanzania utara adalah rumah bagi sekitar 3.000 singa, dan populer di kalangan turis lokal dan asing.