Susana Pelaksanaan Seleksi CASN
Nasional

Bobby Minta ASN Medan Konsisten Tingkatkan Kapasitas

  • Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu untuk mendukung pencapaian penyelenggaraan pemerintahan daerah yang semakin kompeten dan unggul di Kota Medan.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu untuk mendukung pencapaian penyelenggaraan pemerintahan daerah yang semakin kompeten dan unggul di kota Medan.

Selain menetapkan kebijakan, Pemkot Medan aktif melakukan pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para ASN. Salah satu contoh adalah Bimtek Analis jabatan Fungsional yang diadakan oleh BKPSDM di hotel Grand Antares pada Rabu, 6 September 2023.

Kegiatan ini merupakan usaha untuk menerapkan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemko Medan juga pernah meraih Penghargaan Meritokrasi 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada tahun 2022.

Bimtek analis tersebut resmi dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution, yang diwakili oleh Asisten Umum Ferri Ichsan. Peserta akan mengikuti Bimtek yang diisi instruktur dari Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Badan Kepegawaian Republik Indonesia (PUSBINJAB), Farahmita Suranda dan Retno Puspita Ningrum.

Dikatakan Bobby Nasution dalam sambutan yang dibacakan Asisten Umum, pemerintahan yang unggul adalah pemerintahan yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penduduknya. 

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan usaha yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas para ASN di dalam lingkungan pemerintahan, sehingga mereka dapat terus memperbaiki diri dari hari ke hari.

“Bimtek ini bernilai strategis bagi ASN di lingkungan Pemkot Medan untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja yang nantinya akan bermanfaat untuk mendukung terwujudnya kualitas penyelenggaraan pemerintah yang berkualitas di kota Medan,” jelasnya.

Melalui Bimtek, Ferri Ichsan berharap seluruh ASN dapat mewujudkan profesionalitas pada jabatannya. Hal ini bisa terlihat melalui indikator perbaikan kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Ferri juga berharap tata kelola kepegawaian yang baik dapat diimplementasikan setiap perangkat daerah sehingga setiap perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan akan menjadi semakin baik dan profesional. “SDM yang berkualitas akan terbentuk melalui kejelasan pembagian tugas sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi setiap ASN, sehingga lebih optimal dalam bertugas," ujarnya.  

Selanjutnya, Ferri mengajak seluruh ASN meneguhkan komitmen mereka dalam menjalankan program-program prioritas Pemko Medan. Ia menekankan pentingnya kesadaran akan peran ASN sebagai pelayan publik, bukan sebagai pihak yang selalu meminta layanan dari masyarakat.

“Selaku pelayan publik kita harus memiliki standar yang baik dalam melayani masyarakat kita yang merupakan pemilik sejati kota ini. Komitmen, kolaborasi, kebersamaan serta kedisplinan dan tranformasi sistem juga harus pelajari agar menyadari tugas dan tanggung jawab yang diemban,” tukas Ferri.

Kepala BKPSDM Sutan Tolang Lubis diwakili Kabid PSDM, Harry Agus Perdana, dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengelola sistem SDM aparatur.

Hal ini dilakukan melalui kegiatan perumusan, analisis, evaluasi, pengembangan, asistensi, konsultasi, dan penyusunan saran kebijakan. Semua tindakan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kepentingan terbaik organisasi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta praktik profesional di bidang SDM.

“Materi yang akan diberikan pada Bimtek ini adalah pengelolaan jabatan fungsional analis SDM aparatur Manajemen kinerja jabatan fungsional analis SDM aparatur dan uji kompetensi dan pengembangan karir jabatan fungsional analis SDM aparatur,” jelasnya.