Elon Musk Bagikan Bocoran Bahwa X Akan Hadirkan Layanan Keuangan
Tekno

Bocoran dari Elon Musk, X Segera Hadirkan Layanan Keuangan

  • Simak penjelasan Twitter atau X yang akan dijadikan Elon Musk sebagai layanan keuangan

Tekno

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Elon Musk mengisyaratkan bahwa platform microblogging miliknya, X (dulu bernama Twitter) akan menghadirkan fitur layanan keuangan pada akhir tahun 2024.

Seperti yang dilansir Trenasia dari The Verge pada Senin, 30 Agustus 2023, dalam pengumuman Elon Musk baru-baru ini kepada karyawannya, Elon Musk menyampaikan harapannya untuk segera memperoleh sisa lisensi yang dibutuhkan X dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini dilakukan agar X dapat segera mewujudkan tujuannya di sektor keuangan.

Sementara itu, dilaporkan bahwa X saat ini sedang fokus pada peroleh izin pengiriman uang di seluruh Amerika Serikat sebagai bagian dari upayanya menyediakan layanan keuangan.

Dalam percakapan langsung antara Elon Musk dengan karyawan X, Elon Musk menyampaikan bahwa platformnya akan bisa digunakan untuk mengirim uang, bahkan memudahkan pengguna agar tidak memerlukan rekening bank.

“Ketika saya mengatakan pembayaran, yang saya maksud sebenarnya adalah seluruh kehidupan keuangan seseorang. Jika hal itu melibatkan uang, maka akan terjadi di platform kami. Uang atau surat berharga atau apapun. Jadi, layanan ini bukan hanya sekadar mengirim US$20 ke teman. Yang saya maksud adalah, Anda tidak lagi memerlukan rekening bank,” kata Elon Musk, seperti yang dikutip dari The Verge pada Senin, 30 Oktober 2023.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Elon Musk sempat memiliki pengalaman di sektor teknologi keuangan. Ia juga pendiri perusahaan yang sekarang dikenal sebagai PayPal Holdings Inc.

Sebelumnya pada bulan Juli lalu Bloomberg telah melaporkan bahwa dalam pesan yang menyatakan dukungan terhadap perombakan di Twitter atau X, CEO Twitter, Linda Yaccarino mengonfirmasi bahwa aplikasi X akan menggabungkan fitur-fitur fintech termasuk soal pembayaran dan kemampuan perbankan.

Untuk memuluskan jalan X di bagian keuangan ini, Twitter atau X telah berhasil memperoleh lisensi pengirim uang di empat negara bagian di Amerika Serikat yaitu Arizona, Michigan, Missouri, dan New Hampshire.

Menurut laporan tersebut, pada tahun 2022 ketika Elon Musk mengakuisisi platform media sosial, ia mengguna Twitter untuk mengkomunikasi visinya. Dalam cuitannya, ia juga menyampaikan aspirasinya agar Twitter atau X dalam mengadopsi fitur yang dimiliki WeChat milik Tencent Holdings Ltd.

Itu tadi penjelasan mengenai langkah Twitter atau X yang akan dijadikan Elon Musk sebagai layanan keuangan, bahkan Elon Musk sendiri menyebutkan pengguna tidak perlu lagi memiliki rekening bank. Apakah Anda setuju?