Ilustrasi HP Samsung Galaxy S24 FE.
Tekno

Bocoran Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S24 FE

  • Samsung Galaxy S24 FE adalah peluncuran yang paling ditunggu. Samsung resmi mulai menjual Galaxy S24 FE di Vietnam pada 26 September, setelah perangkat ini diperkenalkan dalam acara Galaxy Unpacked yang berlangsung pada 20 September.

Tekno

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Samsung Galaxy S24 FE adalah peluncuran yang paling ditunggu. Samsung resmi mulai menjual Galaxy S24 FE di Vietnam pada 26 September, setelah perangkat ini diperkenalkan dalam acara Galaxy Unpacked yang berlangsung pada 20 September.

Samsung Galaxy S24 FE telah terdaftar di situs sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian dengan nomor model SM-721B. Namun, informasi resmi mengenai tanggal peluncurannya di Indonesia masih belum tersedia, meski ada kemungkinan tanggal rilis di Indonesia akan sama.

Harga

Dikutip dari Fone Arena, Samsung Galaxy S24 FE kabarnya akan dibanderol mulai dari US$649 (sekitar Rp9,8 juta) untuk model 128GB. Sedangkan untuk harga Galaxy S24 FE dengan storage berkapasistas 256G akan dibanderol US$709 (sekitar Rp10,7 jutaan).

Dibandingkan dengan Galaxy S23 FE yang dirilis sebelumnya, terdapat peningkatan harga sekitar US$50 atau sekitar Rp760 ribu.

Kenaikan ini tentu menjadi pertimbangan bagi calon pembeli, terutama mengingat persaingan ketat di segmen ponsel Android kelas menengah premium.

Spesifikasi Galaxy S24 FE dan Tanggal Rilis

Berdasarkan informasi yang beredar, Galaxy S24 FE dijadwalkan akan dirilis paling cepat minggu depan. Namun, hingga saat ini Samsung belum memberikan konfirmasi resmi mengenai tanggal peluncurannya.

Galaxy S24 FE kabarnya akan menggunakan chipset Exynos 2400 untuk pasar global. Ponsel ini akan dilengkapi dengan layar berukuran 6,7 inci dan mendukung refresh rate 120Hz.

Selain itu, layarnya memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 1.900 nits dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus+.

Untuk sektor fotografi, Galaxy S24 FE akan dilengkapi dengan kamera utama 50MP yang diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Di bagian depan, terdapat kamera 10MP untuk keperluan selfie dan video call.

Baterai ponsel ini mendukung pengisian cepat 25W serta pengisian nirkabel 15W. Menariknya, bagian belakangnya dilapisi kaca, memberikan tampilan yang lebih premium pada perangkat ini.

Warna

Dilansir dari Gadgets 360, bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa Samsung Galaxy S24 FE kemungkinan akan memiliki desain yang mirip dengan varian sebelumnya. Ponsel ini diperkirakan akan memiliki rangka tengah aluminium dan panel belakang kaca. Ponsel ini mungkin akan diluncurkan dalam lima pilihan warna yaitu, biru, hijau, graphite, kuning dan perak/putih.

Samsung Galaxy S24 FE diperkirakan akan mengusung layar full-HD+ 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan puncak 1.900 nits, dan perlindungan Gorilla Glass Victus+. Ponsel ini dapat didukung oleh chipset Exynos 2400 dan baterai 4.565mAh dengan dukungan pengisian daya kabel 25W dan nirkabel 15W.

Untuk optik, ponsel ini mungkin mengusung unit tiga kamera belakang 50 megapiksel dan kamera swafoto 10 megapiksel.

Peluncuran resmi Galaxy S24 FE dikabarkan semakin dekat, dengan banyak pihak memprediksi bahwa ponsel terbaru Samsung ini akan diluncurkan pada Oktober 2024. Baru-baru ini, Galaxy S24 FE terpantau di situs sertifikasi perangkat elektronik di India, yang menunjukkan bahwa peluncurannya tinggal menunggu waktu.

Menurut laporan dari 91mobiles, Galaxy S24 FE sudah terdaftar di situs sertifikasi Bureau of Indian Standards (BIS). Dalam daftar tersebut, ponsel ini memiliki nomor model SM-S721B/DS, sesuai dengan nomor model yang muncul di laman dukungan resmi Samsung Galaxy S24 FE.