<p>Konsep mobil terbang Boeing dan Porsche  </p>
Home

Boeing dan Porsche Bergabung Bangun Mobil Terbang Futuristik

  • Mobil terbang telah menjadi legenda fiksi ilmiah selama beberapa dekade dengan  ditampilkan dalam film, televisi, dan video game. Kini teknologi tersebut semakin ada di depan mata. Pembuat pesawat Amerika Boeing Co dan divisi mobil sport Porsche Volkswagen telah menandatangani kesepkatan untuk mengerjakan konsep yang mereka sebut sebagai ‘premium urban air mobility vehicle’ atau kendaraan mobilitas […]

Home
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Mobil terbang telah menjadi legenda fiksi ilmiah selama beberapa dekade dengan  ditampilkan dalam film, televisi, dan video game. Kini teknologi tersebut semakin ada di depan mata.

Pembuat pesawat Amerika Boeing Co dan divisi mobil sport Porsche Volkswagen telah menandatangani kesepkatan untuk mengerjakan konsep yang mereka sebut sebagai ‘premium urban air mobility vehicle’ atau kendaraan mobilitas udara perkotaan kelas premium.

 “Dengan kemitraan ini, kedua perusahaan akan memanfaatkan kekuatan dan wawasan pasar mereka yang unik untuk mempelajari masa depan kendaraan mobilitas udara premium,” demikian siaran pers yang dikeluarkan Porsche Jumat (11/10/2019).

Porsche sebelumnya telah mengumumkan penelitian tentang taksi terbang. Sementara Boeing baru-baru ini melakukan uji terbang pertama  kendaraan lepas landas vertikal dengan kapasitas dua hingga empat penumpang dan jangkauan 80 km.

Kedua perusahaan tidak memberikan informasi tentang berapa banyak dana yang akan diinvestasikan ke dalam proyek, atau spesifikasi kendaraan, kisaran harga atau tanggal pengiriman yang mungkin.

Detlev von Platen, anggota dewan penjualan dan pemasaran di Porsche, mengatakan proyek mobil terbang itu bertujuan untuk meningkatkan ruang lingkup Porsche sebagai produsen mobil sport dengan menjadi merek terkemuka untuk kendaraan premium.

Sementara Steve Nordlund, wakil presiden Boeing NeXt, perusahaan yang terkait dengan Boeing dengan tugas membangun teknologi kedirgantaraan generasi berikutnya, mengatakan kolaborasi dengan Porsche sebagai upaya perusahaan untuk mengembangkan ekosistem mobilitas baru yang aman dan efisien, dan memberikan kesempatan untuk menyelidiki perkembangan kendaraan mobilitas udara perkotaan premium dengan merek otomotif terkemuka.

Lebih dari setengah lusin perusahaan besar dan kecil sedang mengerjakan prototipe mobil terbang, di antaranya Airbus, Uber, AeroMobil, Zee.Aero, Terrafugia, EHang, Joby Aviation, dan Siberian Aeronautical Research Institute Rusia.

Konsep mobil terbang telah ada sejak tahun 1930-an, dilahirkan tidak lama setelah manusia mulai menguasai konsep perjalanan udara itu sendiri.