Tekno

Bongkar Rumah Untuk Renovasi, Warga di Inggris Malah Temukan Tumpukan Koin Emas

  • Seorang pemilik rumah di Inggris tampaknya memenangkan jackpot. Saat membongkar rumahnya demi melakukan renovasi, Ia malah menemukan setumpuk harta karun
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

LONDON-Sepasang pemilik rumah di Inggris tampaknya memenangkan jackpot. Saat membongkar rumahnya demi melakukan renovasi, Ia malah menemukan setumpuk harta karun berupa koin emas.

Berada di Ellerby, sebuah desa di North Yorkshire, rumah yang akan direnovasi diketahui merupakan bangunan yang berdiri sejak abad ke-18.

Koin emas yang sitemukan di wilayah lantai dapur itu ditemukan di dalam sebuah cangkir gerabah seukuran kaleng coca-cola.

Dari keseluruhan koin emas yang ditemukan, sebagian besar terdiri dari koin 50 dan 100 pon. Ada juga koin asal Brasil yang diketahui beredar di Inggris selama tahun 1720-an.

Mengutip Live Science pada Kamis, 8 September 2022, rumah lelang barang antik yang berada di London, Spink & Son menaksir tumpukan koin emas ini bernilai US$290 ribu atau kisaran Rp4, 3 miliar (asumsi kurs Rp14.800 per dolar AS).

"Ini adalah penemuan yang luar biasa dan benar-benar tak terduga dari lokasi pencarian yang begitu sederhana," kata juru lelang Spink&Son, Gregory Edmund seperti dikutip TrenAsia.com.

Lebih lanjut, Edmund menduga bahwa koin tersebut merupakan peninggalan dari Joseph dan Sarah Fernley-Maisters, keluarga pedagang yang memiliki pengaruh di beberapa anggota Parlemen wilayah itu selama akhir 1600-an dan awal 1700-an.

Pasangan itu, kata Edmund, adalan orang yang tidak mempercayai Bank Inggris yang baru dibentuk. Mereka lebih memilih menyimpan sejumlah uang kertas dan koin emas mereka sendiri di tempat tak terduga meski pada akhirnya mereka tak menemukannya.

"Mengapa mereka tidak pernah menemukan kembali koin-koin itu ketika mereka benar-benar mudah ditemukan tepat di bawah papan lantai asli abad ke-18 adalah misteri yang lebih besar lagi, tetapi ini adalah tabungan yang luar biasa," kata Edmund.