Stadion Aji Imbut Kutai Kartanegara
Olahraga

Borneo FC Buka Peluang Gunakan Stadion Aji Imbut Kukar di Laga BRI Liga 1

  • Borneo FC Samarinda membuka peluang untuk menggunakan Stadion Aji Imbut Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai home base lanjutan BRI Liga 1 2023/2024.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Manajemen Borneo FC Samarinda membuka peluang untuk menggunakan Stadion Aji Imbut Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai home base untuk laga lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024. Wacana tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Kukar, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Hal itu dikatakan oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin setelah menerima kunjungan Presiden Borneo FC Nabil Husein Said Amin, bersama manajemen klub berjuluk Pesut Etam, Senin 18 September 2023 malam di Rumah Jabatan Wakil Bupati Kukar.

Rendi Solihin menyambut baik rencana Borneo FC yang ingin menggunakan Stadion Aji Imbut Tenggarong sebagai home base pada gelaran BRI Liga 1 musim ini. Hal itu juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sekaligus juga bisa memotivasi unsur sepak bola di Kukar.

"Kami sambut baik kedatangan Borneo FC. Kita banyak membahas soal sepak bola, ini menjadi motivasi bagi kita agar sepak bola Kukar bisa bangkit. Tentunya ke depan kita belajar dan konsultasi ke Borneo FC," ujar Rendi Solihin kepada awak media dikutip Selasa 19 September 2023. 

Menyikapi pertemuan tersebut, Pemkab Kukar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), bersama Borneo FC akan melakukan pengecekan langsung ke Stadion Aji Imbut Tenggarong yang dijadwalkan pada Kamis 21 September 2023 mendatang,

"Setelah ini akan ada pengecekan, karena memang masih banyak kekurangan di stadion. Tapi, semoga bukan jadi penghalang besar agar BRI Liga 1 bisa main di Kukar," bebernya.

Perbaikan Stadion Aji Imbut

Presiden Borneo FC Nabil Husein Said Amin membenarkan klub besutannya memiliki rencana untuk menggunakan Stadion Aji Imbut. Kedatangan manajemen Borneo FC juga sekaligus untuk bersilaturahmi dengan Pemkab Kukar.

"Silaturahmi dan Borneo FC ada planning untuk menggunakan Stadion Aji Imbut untuk menghibur masyarakat Kukar. Nantinya akan ada pengecekan stadion, terutama lampu, rumput dan fasilitas penunjang lainnya," sambungnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kukar Aji Ali Husni menjelaskan, pihaknya punya waktu hingga November untuk mempersiapkan Stadion Aji Imbut layak dan standar untuk menggelar laga Liga 1.

"Kita diberi waktu November. Memang persiapannya agak mepet, tapi kita optimis bisa memenuhi semua kekurangan yang ada di stadion," jelasnya. Terkait dengan pengecekan stadion, hal-hal utama yang menjadi perhatian, di antaranya rumput, lampu, toilet, hingga ruang VIP.

"Kalau perlengkapan lain sifatnya bisa dibeli, tapi kalau rumput ini yang butuh penanganan khusus, termasuk kelistrikan butuh biaya besar, tapi kita sambut positif rencana Borneo FC ini, terutama untuk meningkatkan PAD, dan motivasi bagi sepak bola kita," pungkasnya.

Profil Stadion Aji Imbut

Stadion Aji Imbut adalah sebuah gelanggang olahraga/stadion yang berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Stadion ini dibangun sebagai sarana olahraga untuk Pekan Olahraga Nasional PON XVII tahun 2008.

Sebelumnya stadion ini bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Kemudian, pada tanggak 28 Maret 2011 Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meresmikan stadion ini dengan nama GOR Aji Imbut.

Stadion ini memiliki kapasistas 35 ribu penonton. Selain itu, kawasan Stadion Aji Imbut juga dilengkapi lapangan sepak bola, gedung velodrome tertutup, gedung beladiri, arena equistrian (berkuda), stadion panahan, arena sepeda BMX, asrama atlet serta dilengkapi jaringan infrastruktur dan dipercantik dengan penataan taman dan plasa