<p>Menara Astra milik PT Astra Internasional Tbk. / Astra.co.id</p>
Korporasi

Borong 30 Juta Saham Hermina (HEAL), Astra Internasional (ASII) Terjun ke Bisnis Rumah Sakit

  • PT Astra Internasional Tbk (ASII) memasuki usaha kesehatan, denhan melakukan investasi kepada PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) sebagai perusahaan layanan kesehatan, yang dilakukan pada 6 April 2022.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Astra Internasional Tbk (ASII) memasuki usaha kesehatan, dengan melakukan investasi kepada PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) sebagai perusahaan layanan kesehatan, yang dilakukan pada 6 April 2022.

Masuknya ASII dalam bisnis kesehatan, terjadi melalui pembelian 30 juta saham dengan harga Rp1.500 per saham. Adapun nilai transaksi total Rp45 miliar.

Aksi pembelian saham perseroan terhadap HEAL dilakukan dalam gelaran Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Adapun dalam gelaran private placement ini, HEAL menerbitkan sebanyak 208,11 juta saham, dengan nilai Rp100 per lembar saham yang mewakili 7% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh.

Sementara itu, Aristo Setiawidjaja Direktur HEAL mengungkapkan,  terkait dengan pembelian saham yang dilakukan ASII terhadap HEAL dalam private placement tersebut, maka jumlah modal yang ditempatkan dan disetor perseroan bertambah menjadi 14,920 miliar saham.

Kemudian, dana yang diperoleh dari hasil private placement  perseroan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan belanja modal perseroan.

Private placement ini merupakan lanjutan dari private placement perseroan pada tahun 2020, yang telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) November 2020, dan telah diterbitkan sebanyak 5.000.000 saham pada Desember 2020.