Film Penyalin Cahaya tidak hanya memenangkan 12 penghargaan di ajang Piala Citra FFI 2021, tetapi juga telah merambah ke internasional.
Gaya Hidup

Borong Penghargaan FFI, Ini 5 Fakta Menarik Film Penyalin Cahaya

  • Film Penyalin Cahaya baru saja memborong 12 penghargaan di ajang Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Ternyata kiprah film Penyalin Cahaya juga merambah ke level internasional.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

Jakarta (Jogjaaja.com) – Film Penyalin Cahaya baru saja memborong 12 penghargaan di ajang Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Ternyata kiprah film Penyalin Cahaya juga merambah ke level internasional.

Film ini berhasil diputar di ajang film bergengsi internasional. Film yang mengisahkan perjuangan seorang penyintas kekerasan seksual ini menjadi angin segar agar isu kekerasan seksual tidak dipandang sebelah mata. 

 

Berikut ini 5 fakta menarik film Penyalin Cahaya yang wajib kamu tahu:

1. Mengangkat isu kekerasan seksual

Film ini mengangkat ketidakadilan yang dialami korban sampai banyak hal yang pernah dirasakan oleh para penyintas kekerasan seksual. 

2. Dibintangi pemain muda berbakat

Film ini dibintangi Shenina Cinnamon, Luthesa, Dea Panendra, Chicco Kurniawan, Jerome Kurnia, hingga Giulio Parengkuan.

3. Tampil di Busan International Film Festival 2021.

Film Penyalin Cahaya berhasil tampil di Busan International Film Festival 2021. Selain Penyalin Cahaya, ada tiga film Indonesia lainnya yang berhasil lolos, yakni Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas, Yuni, dan Laut Memanggilku.

 

4. Meraih 12 penghargaan Piala Citra 2021

Film Penyalin Cahaya berhasil meraih 12 penghargaan di ajang Piala Citra 2021. Sebanyak 12 penghargaan ini meliputi kategori Film Cerita Panjang, Sutradara, Pemeran Utama Pria, Pemeran Pendukung Pria, Penata Musik, Penata Suara, Penata Busana, Pengarah Sinematografi, Pengarah Artistik, Penulis Skenario Asli, Penyunting Gambar, dan Pencipta Lagu.

5. Film Panjang pertama sutradara Wregas Bhanuteja

Sutradara Wregas Bhanuteja pernah dinobatkan sebagai pemenang ‘Film Pendek Terbaik’ di Semaine de la Critique-Cannes Film Festival 2016. Wregas dua kali membawa pulang Piala Citra FFI 2016 dan 2019 untuk kategori ‘Film Pendek Terbaik’. (*)

 

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 12 Nov 2021