Sering Dapat Undangan Pernikahan Justru Bikin Boros? Ini Cara Menyiasatinya
Gaya Hidup

Boros Karena Sering Hadiri Undangan Pernikahan? Ini Cara Menyiasatinya

  • Inilah cara berhemat saat menghadiri undangan pernikahan agar tidak boros.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mendapatkan undangan pernikahan dari seseorang, entah itu saudara atau sahabat tentu menyenangkan dan menjadi suatu kehormatan. Akan tetapi, sering kali undangan pernikahan juga menimbulkan masalah, yaitu menjadi lebih boros. 

Hal ini karena ketika Anda menghadiri undangan pernikahan, Anda perlu mengeluarkan uang untuk biaya perjalanan, akomodasi, hadiah, pakaian, aksesori, dan sebagainya.

Selain itu, undangan pernikahan cenderung datang secara bersamaan dalam waktu-waktu tertentu di dalam hidup Anda, yaitu ketika usia pertengahan 20 atau awal 30 tahun. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips berhemat saat menghadiri undangan pernikahan berikut:

1. Buat anggaran

Setelah Anda menerima undangan pernikahan, cobalah untuk memperhatikan setiap biaya yang mungkin Anda keluarkan sebagai tamu undangan. Biaya tersebut mencakup biaya prapesta seperti pesta pertunangan dan sebagainya, hadiah, serta biaya perjalanan.

Dengan melacak pengeluaran Anda sebagai tamu pernikahan, maka Anda akan mengetahui berapa banyak uang yang harus dibelanjakan. Hal tersebut tentunya juga dapat memberikan Anda gambaran mengenai prioritas dan pengeluaran apa yang paling penting untuk Anda. Anda juga tidak perlu berhutang hanya demi memberikan hadiah mewah untuk teman atau sahabat Anda. 

2. Pilih pakaian

Membeli pakaian baru untuk menghadiri setiap undangan pernikahan mungkin tampak sebagai aktivitas yang menyenangkan. Akan tetapi, jika Anda ingin berhemat, cobalah untuk mempertimbangkan menggunakan kembali pakaian Anda yang lama. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan pakaian dari situs yang menyewakan busana desainer agar bisa lebih berhemat.

3. Rencanakan lebih awal

Jika Anda diundang, sebaiknya rencanakan pengeluaran Anda lebih awal. Rencana tersebut dapat meliputi rencana pembelian tiket kereta atau pesawat sehingga bisa mendapat harga yang lebih murah karena membeli jauh-jauh hari.

4. Coba ajak saudara atau teman lain

Menghemat uang sebagai tamu undangan pernikahan menjadi lebih mudah jika Anda berbagi pengeluaran dengan teman atau anggota keluarga yang juga ikut hadir. Hadiah yang akan Anda berikan juga bisa dibeli dari patungan dengan sahabat atau saudara lainnya.

5. Bersikaplah nyaman saat mengatakan tidak

Jika Anda telah menghitung jumlah pengeluaran dan ternyata masih membebani anggaran Anda, maka Anda bisa menolak undangan dengan baik. Kebanyakan pasangan mungkin akan mengerti terutama jika Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan mahal.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang saat menjadi tamu undangan pernikahan. Selamat mencoba.