Soebronto Laras.
Nasional

Bos Indomobil Soebronto Laras Meninggal Dunia

  • Tokoh otomotif nasional itu meninggal di usia 78 tahun usai operasi pengambilan cairan paru-paru di Rumah Sakit Medistra Jakarta.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Pendiri PT Indomobil Sukses Internasional Tbk Soebronto Laras meninggal dunia, Rabu 20 September 2023 malam. Tokoh otomotif nasional itu meninggal di usia 78 tahun usai operasi pengambilan cairan paru-paru di Rumah Sakit Medistra Jakarta. 

“Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah meninggal dunia Bp.Soebronto Laras ayahanda Nace Laras, malam ini di RS Medistra. Semoga alm.diterima semua amal ibadahnya, dilapangkan & diterangkan kuburnya. Aamiin,” demikian kabar duka yang diterima media. 

Soebronto Laras merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Putra R Moerdono ini lahir di Jakarta, 5 Oktober 1943. Soebronto Laras sudah menggemari dunia otomatif sejak kecil. Dia pernah menjadi pembalap motor bersama legenda Tinton Soeprapto.

Dia kemudian nyemplung di industri otomotif sebagai Direktur Utama PT Indohero Steel & Engineering Co., dan Presiden Direktur PT Indomobil Utama sejak 1976. Indomobil bergerak di bidang perakitan motor dan mobil Suzuki. 

Kiprah di dunia industri hanya berlesang beberapa tahun setelah dia lulus Diploma of Business Administration dari Hendon College di London pada 1972. Indomobil Group semakin berkibar dengan masuknya grup Liem Sioe Liong pada 1981. 

Soebronto Laras kemudian diketahui menjabat Direktur Utama (Dirut) PT National Motors Co. dan PT Unicor Prima Motor yang notabene perusahaan perakit mobil Mazda, Hino, dan sepeda motor Binter.