Lionel Messi resmi ke Inter Miami.
Olahraga

Bos Inter Miami Bocorkan Gaji Messi yang Sebenarnya, Segini Nilainya!

  • Pemilik klub Inter Miami, Jorge Mas, mengungkapkan nilai kontrak Messi.
Olahraga
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Teka-teki gaji Lionel Messi di Inter Miami mulai terkuak. Salah satu pemilik klub, Jorge Mas, mengungkapkan nilai kontrak Messi berkisar US$60 juta atau sekitar Rp902 miliar per tahun. Angka tersebut selisih tipis dibandingkan perkiraan sejumlah sumber sebelumnya. 

Beberapa waktu lalu, The Guardian melansir gaji striker berjuluk La Pulga ini Miami berada di kisaran 54 juta euro atau sekitar Rp887 miliar per tahun. Angka itu tercapai usai Mas berbicara dengan Messi di Barcelona, Miami, Rosario hingga saat Piala Dunia 2022 di Qatar. 

“Saya menghabiskan tiga tahun untuk mendatangkan Messi. Satu setengah tahun dengan sangat intens,” ujar Jorge Mas, dikutip dari Forbes, Senin 3 Juli 2023.

Nominal tersebut jauh dari tawaran Al Hilal yang dikabarkan berkisar 200 juta euro (Rp3,3 triliun) hingga 600 juta euro (Rp9,8 triliun) per tahun. Inter Miami berhasil meyakinkan keluarga Messi untuk hijrah ke Major League Soccer (MLS) meski gajinya berada di bawah tawaran Al Hilal. 

“Ada banyak pembicaraan dengan Jorge (ayah dan agen Messi). David (Beckham, Presiden Inter Miami) juga berbicara dengan Leo (Messi),” tutur Mas. 

Pesepakbola Terkaya

Gaji Messi saat ini juga tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo. Pemain Timnas Portugal itu diguyur bayaran mencapai Rp200 juta euro per tahun atau sekitar Rp3,3 triliun. Messi sendiri telah menegaskan uang bukanlah faktor utama kepindahannya ke Inter Miami. 

“Jika ini masalah uang, saya akan pergi ke Arab Saudi atau tempat lain. Keputusan saya berbeda dan bukan didasarkan karena uang,” ujar Messi.

Meski gajinya kini berada di bawah Ronaldo, Forbes menyebut Messi berpeluang kembali berpredikat sebagai pesepakbola berpenghasilan tertinggi pada 2024. Hal ini karena kapten Timnas Argentina tersebut memiliki penghasilan lain seperti dari iklan dan kesepakatan-kesepakatan komersial.

Sejumlah kontrak eksklusif Messi saat ini yakni dengan Apple, Adidas dan MLS. Selain itu, Messi bakal mendapatkan persentase keuntungan yang dihasilkan Inter Miami dari kedatangannya ke Negeri Paman Sam. Saat ini Messi berada di posisi kedua pesepakbola terkaya menurut Forbes dengan US$130 juta, kalah tipis dari Cristiano Ronaldo dengan US$136 juta.