<p>Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja menyampaikan agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank OCBC NISP 2020<br />
di Jakarta, Kamis (2/4).</p>
Gaya Hidup

Bos OCBC NISP: Masalah Itu Asyik

  • OCBC NISP sendiri belakangan viral setelah melaporkan konglomerat Susilo Wonowodjojo ke Bareskrim Polri atas dugaan kredit macet di PT Hair Star Indonesia.
Gaya Hidup
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Ada pengakuan unik dari Parwati Surjaudaja, putri dari Karmaka Surjaudaja sekaligus Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP). Menurutnya masalah itu asyik dan harus disikapi dengan positif.

Nilai itu ia dapatkan dari mendiang sang Ayah. Satu kesempatan Parwati sedang dirundung masalah pekerjaan di kantor. Ekspresi wajahnya pun tidak karuan, seolah sudah tidak ada lagi jalan keluar untuk masalah yang dihadapinya. Tak lama sang Ayah masuk ke ruangan, duduk di dekatnya sambil menertawainya.

Sang ayah menyemangati Parwati dan berpesan bahwa justru seharusnya kita bersyukur saat ada masalah. Karena artinya kita sedang diuji untuk naik kelas. Untuk itu masalah harus dibawa asyik dan disikapi dengan positif.

“Kalau dari ayah, dari ibu juga sih yang selalu saya ingat waktu itu ada masalah di pekerjaan. Dan muka saya itu pasti sudah panjang banget udah kayaknya dunia udah mau kiamat. Ayah saya datang bukannya aduh kasian kamu dia malah ketawa,” kata Parwati di sela wawancara khusus dengan TrenAsia.com, pertengah Desember 2022 lalu.

“Udah (selesai) ketawa dia bilang kamu tuh musti bersyukur kalau punya masalah. Asyik. Kenapa? Karena artinya kamu lagi diuji, kamu udah diuji kan kamu naik kelas kan sama kayak orang sekolah. Jadi kamu kalau punya masalah itu kamu harus asik, sikapi dengan positif. Jadi itu yang terus terngiang-ngiang yah,” tambah Parwati.

Nilai itu ia teruskan ke keempat anaknya. Bahwa saat datang masalah semestinya kita harus senang karena artinya saat kita melewati masalah tersebut nantinya kita bisa dipercaya untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar baik di kehidupan keluarga maupun karier.

Nasihat lainnya yang juga selalu berkesan adalah untuk selalu memulai segala sesuatu dengan niat yang baik, jangan menyerah, lakukan yang terbaik dan mensyukuri apapun hasilnya nanti.

“Pokoknya lakukan semua, kan semangatnya tidak ada yang tidak bisa. Kalau kita lakukan yang terbaik, apapun hasilnya nanti kita syukuri. Jadi kan enggak ada penyesalan yah. Saya udah niat yang baik, lakukan yang terbaik apapun hasilnya itu memang jalannya. Mungkin hari ini kita pikir kok hasilnya seperti ini yah, jangan-jangan 2-3 tahun kemudian untung dulu hasilnya seperti ini yah. Dan itu yang sering terjadi sih sekarang,” kata Parwati.

OCBC NISP sendiri belakangan viral setelah melaporkan konglomerat Susilo Wonowodjojo ke Bareskrim Polri atas dugaan kredit macet di PT Hair Star Indonesia. 

Dalam sidang perdana atas gugatan perdata hari ini, 7 Febaruari 2023, Kuasa Hukum Bank OCBC NISP Hasbi Setiawan menjelaskan SW dinilai memiliki peran dan andil besar yang menyebabkan kredit macet di Hair Star Indonesia.