Pencipta ChatGPT Sam Altman Raih Golden Visa Pertama di Indonesia, Apa Saja Keuntungannya?
Dunia

Bos OpenAI Kunjungi Pabrik Chip Samsung Electronics, Ada Apa?

  • Pejabat industri mengatakan kunjungan Altman tersebut tak lain adalah untuk membahas pengembangan chip kecerdasan buatan.(AI)

Dunia

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Bos OpenAI, Sam Altman dikabarkan bertemu dengan Kyung Kye-hyun, presiden unit semikonduktor Samsung, dan sekelompok eksekutif tingkat atas lainnya yang bertanggung jawab atas operasi chip memori dan foundry. Pejabat industri mengatakan kunjungan Altman tersebut tak lain adalah untuk membahas pengembangan chip kecerdasan buatan.(AI)

Para eksekutif Samsung ini kemudian memandu CEO OpenAI mengelilingi pabrik. Ini adalah hal yang tidak biasa karena perusahaan Korea jarang menunjukkan jalur produksi semikonduktor mereka kepada orang luar.

Dikutip TrenAsia.com dari The Korea Times, Altman seharusnya juga bertemu dengan Chairman Eksekutif Samsung Electronics, Lee Jae-yong. Namun, keputusan pengadilan terkait tuduhan konspirasi yang terkait dengan penggabungan kontroversial tahun 2015 antara Samsung C&T dan Cheil Industries dikabarkan membuat tantangan bagi mereka untuk bertemu kali ini.

Beberapa jam setelah mengunjungi pabrik Samsung, Altman dilaporkan juga mengadakan pertemuan terpisah dengan CEO SK hynix, Kwak Noh-jung. Belum jelas apakah pertemuan itu diadakan di pabrik semikonduktor SK di Icheon, Provinsi Gyeonggi.

Sumber yang tahu masalah ini mengatakan bahwa Altman juga dijadwalkan bertemu dengan Chairman SK Group, Chey Tae-won, sebelum meninggalkan Korea pada Jumat malam.

Kedatangan CEO OpenAI, yang sebelumnya pernah mengunjungi Korea pada Juni tahun lalu, kali ini lebih lama, yaitu selama 19 jam. Awalnya, diperkirakan bahwa dia hanya akan tinggal sekitar enam jam.

Keputusannya untuk tinggal lebih lama di Korea dianggap sebagai pertanda niatnya untuk memeriksa teknologi kedua pembuat chip Korea ini secara menyeluruh. 

Dengan mempertimbangkan bahwa OpenAI membutuhkan sejumlah besar chip AI berharga tinggi untuk meningkatkan model bahasa besar (LLM) yang menggerakkan ChatGPT, pejabat industri mengatakan bahwa Samsung dan SK telah bersaing sengit di balik layar untuk bekerja sama dengan perusahaan AS ini.

Tahun lalu, SK berhasil mengungguli Samsung dalam pangsa pasar chip memori global berkecepatan tinggi (HBM). Chip HBM dianggap penting untuk operasi server AI. Oleh karena itu, Samsung berusaha meyakinkan pelanggan global bahwa mereka terlibat dalam bisnis chip memori dan foundry.

Meski begitu, masih ada kemungkinan OpenAI akhirnya akan bekerja sama dengan TSMC dari Taiwan, yang merupakan foundry terbesar di dunia.