<p>Suasana pelayanan nasabah di Kantor Pusat Bank Bukopin di Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Jumat, 3 Juni 2020. Pemegang saham terbesar kedua PT Bank Bukopin Tbk. , KB Kookmin Bank berencana menjadi pemegang saham mayoritas dengan membidik 51% saham perseroan. Untuk bisa mengenggam 51 persen saham, Kookmin Bank akan meningkatkan porsi dari 22 persen ke 26 persen dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT) V Bank Bukopin tahun ini. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Bosowa Resmi Tergeser, KB Kookmin Kuasai Bank Bukopin 33,9%

  • Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Purwantono mengatakan, aksi korporasi rencananya akan dilanjutkan melalui penambahan modal tanpa memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement senilai Rp4 triliun oleh KB Kookmin Bank.

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Kepemilikan saham KB Kookmin Bank di PT Bank Bukopin Tbk. (BBKP) meningkat menjadi 33,9% usai dilaksanakannya Penawaran Umum Terbatas (PUT) V. Total dana yang diraup dalam penambahan modal ini mencapai Rp838 miliar.

Melalui skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue, KB Kookmin Bank menyerap 2,97 miliar lembar saham baru dari total 4.660.763.499 saham baru kelas B yang diterbitkan Bank Bukopin.

Sementara itu, pemilik saham mayoritas lain, yakni Bosowa Corporindo, juga menyerap porsi 1,09 miliar lembar saham pada skema yang sama. Dengan demikian, Bosowa milik Aksa Mahmud ini memiliki saham di Bank Bukopin sebesar 23,40%.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan Purwantono mengatakan, aksi korporasi rencananya akan dilanjutkan melalui penambahan modal tanpa memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) alias private placement senilai Rp4 triliun oleh KB Kookmin Bank.

“KB Kookmin akan memberi tambahan modal baru lewat skema tersebut,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

KB Kookmin Bank asal Korea Selatan resmi menguasai mayoritas saham Bank Bukopin. / Reuters

KB Kookmin Bank Bakal Kuasai 67%

Untuk prosedurnya, kata Rivan, manajemen akan meminta persetujuan dari para pemegang saham lain melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 25 Agustus 2020 nanti.

Saat ini, kata Rivan, pihaknya tengah merevisi rencana bisnis bank (RBB) maupun fokus bisnis. Menurutnya, setelah KB Kookmin Bank resmi menjadi pengendali saham Bank Bukopin, pemberian technical assistant akan diberikan oleh bank asal Korea tersebut.

“Nantinya, KB Kookmin akan menerapkan internal best practice, risk management, dan pengaplikasian teknologi yang tepat bagi Bank Bukopin untuk mendorong bisnis, teruutama sasaran consumer,” tambahnya.

Apabila berhasil sesuai rencana, maka KB Kookmin Bank akan menjadi pemegang saham pengendali dengan porsi kepemilikan 67%. Sementara itu, saham Bosowa Corporindo akan terdilusi hingga 12%.

Setelah private placement, jumlah modal ditempatkan dari saham beredar akan meningkat dari 16,31 miliar saham menjadi 38,55 miliar saham. (SKO)