CEO PT Adaro Energy Indonesia Tbk Garibaldi Thohir/Boy Thohir . Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

Boy Thohir Tambah Kepemilikan Saham ESSA Jelang Pergantian Tahun

  • Jumlah porsi saham ESSA yang digenggam Boy saat ini setara dengan 5,55%.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Konglomerat Garibaldi ‘Boy’ Thohir kembali menambah porsi kepemilikan sahamnya di emiten energi PT Essa Industries Indonesia Tbk (ESSA) menjelang akhir tahun.

Legal Manager & Corporate Secretary Essa Industries Indonesia Shinta DU Siringoringo mengungkapkan bahwa Boy Thohir telah menambah kepemilikan saham ESSA sebanyak 98.753.900 lembar.

“Kami melaporkan perubahan besaran kepemilikan saham atas nama Garibaldi Thohir selaku pemilik manfaat akhir dan pemegang saham lebih dari 5 persen perseroan,” ujarnya melalui pengumuman resmi, Kamis, 28 Desember 2023.

Saudara kandung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut merogoh kocek sekitar Rp51,84 miliar sebagai maharnya. Dengan begitu, Boy Thohir kini mengempit 956.188.134 lembar saham.

“Status kepemilikan saham secara langsung,” Shinta menjelaskan.

Jumlah porsi saham ESSA yang digenggam Boy Thohir saat ini setara dengan 5,55% dari seluruh total saham yang dikeluarkan perseroan. Sedangkan sebelumnya ia memiliki 857.434.234 lembar saham atau setara 4,98%.

Belum lama ini, perseroan mengumumkan pergantian nama perusahaan dari PT Surya Esa Perkasa Tbk menjadi PT Essa Industries Indonesia Tbk pada 4 Oktober 2023.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang juga dilakukan di tanggal yang sama. Perubahan ini seiring dengan re-branding grup sebagai "ESSA" yang dimulai pada awal Tahun 2021.