<p>Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia  dalam pertemuan online, Senin, 30 Maret 2020.</p>
Industri

Boyong Pabrik Garmen ke Pati Jadi Oleh-Oleh Bahlil dan Erick dari Korsel

  • JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membawa “oleh-oleh” kabar realokasi pabrik garmen asal Korea Selatan ke Pati, Jawa Tengah dengan nilai investasi US$35 juta.  Perusahaan yang terkonfirmasi bakal berinvestasi di Indonesia adalah PT Sejin Fashion Indonesia. Sejin adalah anak perusahaan Parkland Co., […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membawa “oleh-oleh” kabar realokasi pabrik garmen asal Korea Selatan ke Pati, Jawa Tengah dengan nilai investasi US$35 juta. 

Perusahaan yang terkonfirmasi bakal berinvestasi di Indonesia adalah PT Sejin Fashion Indonesia. Sejin adalah anak perusahaan Parkland Co., Ltd. yang sudah 15 tahun menjalankan investasinya di Indonesia di bidang industri alas kaki. 

“Ini kabar gembira bisa menambah lapangan kerja baru sampai 4.000 orang. Kami harap dapat membantu perekonomian di masa pandemi seperti ini,” kata Bahlil dalam siaran pers, Sabtu, 26 September 2020.

Keuntungan dari realokasi ini adalah dapat meningkatkan devisa negara karena 100% hasil produksinya akan diekspor. Untuk itu, PT Sejin Fashion Indonesia berharap pemerintah Indonesia mendukung penuh realisasi realokasi pabrik secepatnya.

“Sesuai komitmen BKPM, investor akan terus difasilitasi dan dikawal. Sebagian permohonan perusahaan sudah difasilitasi.

Dalam kunjungannya, Bahlil juga meneken persetujuan insentif Tax Allowance yang diajukan Sejin. Tercatat, persetujuan ini merupakan Tax Allowance pertama yang BKPM terbitkan, sejak adanya pelimpahan kewenangan dari Kementerian Keuangan.

CEO Parkland Myeong-gyu Park optimististis anak perusahaan mereka dapat berkembang baik di Indonesia. Pasalnya, kegiatan usaha Parkland di Indonesia selama ini menunjukkan hasil yang memuaskan, maka Parkland sepakat untuk merealokasi pabriknya di Tanah Air.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala BKPM dan Tim yang telah membantu kami dalam melakukan relokasi investasi ke Indonesia,” ujar Myeong-gyu Park.