Pendistribusian BBM Satu Harga
Energi

BPH Migas Pastikan Pasokan BBM di Makassar Aman Selama Nataru

  • BPH Migas memastikan ketersediaan dan pendistribusian BBM selama periode Nataru di wilayah Makassar berjalan dengan baik.
Energi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan ketersediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di wilayah Makassar berjalan dengan baik. 

Anggota Komite BPH Migas Wahyudi Anas mengatakan, pihaknya juga akan melakukan penambahan pasokan dari wilayah lainnya. Namun demikian, perlu dilakukan antisipasi cuaca di laut yang dapat menganggu pengiriman BBM.

Selama libur Nataru, kata dia, terjadi peningkatan kebutuhan BBM. Kenaikan ini telah diantisipasi PT Pertamina Patra Niaga wilayah Sulawesi dengan menyiagakan sejumlah layanan tambahan seperti 21 unit motoris atau layanan pesan antar BBM dan LPG.

Selanjutnya, terdapat 186 SPBU yang siaga, dan 352 agen dan pangkalan LPG yang siaga 24 jam di wilayah yang diproyeksikan terjadi peningkatan kebutuhan energi yang tinggi, serta  menyiagakan 7 mobil tangki yang siaga di SPBU di wilayah yang rawan kemacetan.

"Apresiasi untuk Pertamina wilayah Makassar yang terus berjibaku memenuhi kebutuhan BBM untuk masyarakat. Semoga hingga akhir tahun pemenuhan BBM dan pelayanan ke masyarakat tidak terkendala," ujarnya dalam keterangan pers, Rabu, 28 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyudi juga meminta agar Pertamina terus melakukan sosialisasi ke SPBU-SPBU terkait peraturan BPH Migas dan meningkatkan pengawasan agar BBM subsidi tepat sasaran.

Situasi Nataru Berbeda

Sementara itu, Iwan Prasetya Adhi yang juga merupakan Anggota Komite BPH Migas menyampaikan, situasi Nataru tahun ini berbeda dari sebelumnya karena berdekatan waktunya dengan masa kampanye dan Ramadan, serta Hari Raya Idulfitri. 

“Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang lebih baik agar pasokan BBM dapat berjalan lancar,” ucapnya.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, Sulawesi Selatan sendiri saat ini juga menjadi salah satu daerah tujuan mudik masyarakat. Hal ini juga harus menjadi perhatian Pertamina dalam memenuhi kebutuhan BBM.  

Saat yang sama, GM Pertamina Patra Niaga wilayah MOR VII Sulawesi Selatan Erwin Dwyanto, mengungkapkan bahwa pihaknya berupaya maksimal memenuhi kebutuhan BBM selama Nataru dan memantau langsung keberlangsungan operasional dan pelayanan di terminal bahan bakar hingga lembaga penyalur.

“Untuk meningkatkan pengawasan penyaluran BBM bersubsidi, kami juga bekerja sama dengan aparat penegak hukum,” pungkasnya.