Kawasan Kota Lama Kesawan, Medan
Nasional

Brantas Abipraya Bakal Sulap Kawasan Kota Lama Kesawan di Medan Jadi Instagramable

  • PT Brantas Abipraya (Persero) mendapatkan kontrak baru untuk proyek pembangunan infrastruktur di Kawasan Kota Lama Kesawan, Kota Medan pada 8 Juli 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Brantas Abipraya (Persero) mendapatkan kontrak baru untuk proyek pembangunan infrastruktur di Kawasan Kota Lama Kesawan, Kota Medan pada 8 Juli 2022.

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh General Manager Divisi Operasi 1 Brantas Abipraya dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatra Utara.

Rencananya, Brantas Abipraya akan memperindah kawasan bernilai sejarah ini dengan merevitalisasinya menjadi kawasan yang semakin Instagramable yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. 

Sekretaris Brantas Abipraya Miftakhul Anas mengatakan, perolehan kontrak ini menjadi bukti komitmen perusahaan yang siap membangun infrastruktur unggul. Pengerjaan ini ditargetkan selesai selama 510 hari yang diharapkan mampu mengembalikan fungsi dari kawasan heritage tersebut.

"Diharapkan percepatan revitalisasi kota lama di Medan ini tidak hanya mempercantik kota tapi juga membuka lapangan kerja," kata Anas dalam keterangan resmi, Senin, 11 Juli 2022.

Dengan pembangunan infrastruktur pada kawasan permukiman tersebut diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan. Sementara itu, Kota Lama Kesawan ini direncanakan akan dipercantik dan menjadi destinasi pariwisata baru yang bisa kunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk diketahui, Kota Lama Kesawan menyimpan banyak peninggalan bersejarah zaman kolonial. Keindahan yang tersimpan di permukiman tersebut berupa gedung-gedung tua warisan kolonial yang menarik dan bersejarah.