Photo by Scott Webb: https://www.pexels.com/photo/white-and-red-wooden-house-with-fence-1029599/
Nasional

Brantas Abipraya Ikut Bangun Rumah untuk Pejuang Eks Timor Timur di Kupang

  • Dalam proyek ini, Brantas Abipraya mengambil alih Paket 1, yang mencakup pembangunan 727 unit rumah.
Nasional
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

JAKARTA - PT Brantas Abipraya (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bangun 2.100 Rumah Khusus (Rusus) bagi pejuang eks Timor Timur yang saat ini tinggal di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Dalam proyek ini, Brantas Abipraya mengambil alih Paket 1, yang mencakup pembangunan 727 unit rumah menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) seperti dilansir dari situs resmi perseroan.

“Tentunya dalam pembangunan hunian ini Brantas Abipraya akan berfokus pada mutu serta kualitas konstruksi yang unggul,” ujar Direktur Operasi II Brantas Abipraya, Purnomo. Dia juga menyebutkan pembangunan ini merupakan salah satu bukti kepedulian Perseroan pada masyarakat Kupang.

Purnomo menambahkan, dengan sinergi bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, sebanyak 2.100 unit rumah berhasil dibangun dengan tipe 36 menggunakan struktur bangunan dengan teknologi RISHA yang merupakan rumah tahan gempa (RTG) dengan luas lahan 150 meter persegi.

Rusus yang dibangun ini akan dilengkapi dengan dua kamar tidur, satu ruang keluarga, satu kamar mandi dan dapur di bagian belakang. Perseroan berharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan hadirnya hunian tersebut.

“Brantas Abipraya akan berfokus dengan keunggulan mutu dan kualitas pembangunan RISHA ini agar tuntas tepat waktu dan biaya tanpa melupakan kesehatan dan keselamatan kerja,” sebut Purnomo.

Perseroan yang sudah memulai operasionalnya sejak 12 November 1980 di Malang, Jawa Timur tersebut juga menyebutkan akan berkomitmen untuk mempercepat pengerjaan Rusus tersebut sehingga dapat digunakan masyarakat di akhir 2023 ini.