<p>Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tiba untuk memenuhi panggilan kepolisian di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 17 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional & Dunia

Breaking News: Anies Baswedan Positif Corona, Begini Keadaannya

  • Anies dinyatakan positif terpapar virus corona melalui hasil tes usap (swab test) antigen yang diterimanya dini hari tadi, lalu dilanjutkan dengan hasil swab test PCR.

Nasional & Dunia
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikonfirmasi positif COVID-19. Hal itu disampaikannya dalam sebuah video berdurasi pendek yang diunggah melalui akun Instagram resmi @aniesbaswedan pada Selasa, 1 Desember 2020.

Anies dinyatakan positif terpapar virus corona melalui hasil tes usap (swab test) antigen yang diterimanya dini hari tadi, lalu dilanjutkan dengan hasil swab test PCR. Padahal, pada Minggu 29 November 2020, ia diketahui telah menjalani swab test dengan hasil negatif.

“Hasil tes PCR menunjukkan saya positif COVID-19. Saya memilih untuk mengumumkan kepada masyarakat pertama pada hari ini,” kata Anies.

Meskipun begitu, ia menegaskan bahwa kondisinya saat ini dalam keadaan baik. Bahkan, kata dia, tidak ada gejala yang dirasakannya.

“Saat ini kondisi saya Alhamdulillah baik, Alhamdulillah tidak ada gejala,” tambahnya.

Lebih lanjut, Anies bilang dirinya juga akan segera melaksanakan isolasi mandiri di tempat yang terpisah dengan keluarganya. Sementara, keluarganya akan tetap berada di kediaman pribadi.

“Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujarnya.

Walau telah dinyatakan positif corona, Anies menyatakan, dirinya akan tetap memimpin rapat-rapat yang telah dijadwalkan melalui sambungan virtual.

“Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insha Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu,” imbuhnya.

Ia juga meminta kepada semua yang pernah berinteraksi langsung dengannya beberapa waktu terakhir ini, agar segera kontak puskesmas terdekat untuk menjalankan swab test. Tak lupa, ia mengimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan serta isolasi mandiri.