Peta perkiraan tinggi muka ait laut maksimum dari gempa Larantuka - NTT
Nasional

Breaking News: Gempa 7,5 M Guncang NTT, Berpotensi Tsunami

  • Gempa bumi terjadi di Larantuka, Flores, NTT. BMKG keluarkan peringatan dini tsunami.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA – Gempa bumi sebesar 7,5 Magnitudo mengguncang Larantuka, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi hari ini Selasa, 14 Desember 2021 pukul 10:20 WIB.

Berdasarkan keterangan resmi dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di dasar laut dengan kedalaman 12 kilometer yang berlokasi di 7.59 LS, 122.26 BT atau 112km barat laut Larantuka, NTT.

Dengan adanya aktivitas pergeseran lempeng bumi tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami dan menetapkan status waspada untuk wilayah Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), NTT, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Berdasarkan pemodelan potensi terjadinya tsunami yang dilakukan oleh BMKG, diestimasikan bahwa tsnuami akan tiba di daerah dengan berstatus waspada tersebut pada pukul 10:20 WIB sampai 10:36 WIB.

Adapun wilayah lainnya yang juga disebut berpotensi mengalami tsunami dan berstatus siaga adalah Selayar, Pulau Ende, Flores, Sikka, Ende Bagian Utara dan beberapa wilayah lainnya di NTT

Sejauh dari pantauan Trenasia.com sampai dengan informasi ini dibuat telah terjadi 3 gempa bumi susulan lainnya dengan rincian sebagai berikut.

1. Pukul 10:20:23 WIB besaran 7,4 Magnitudo, berlokasi di Barat Laut, Larantuka-NTT

2. Pukul 10:20:23 WIB besaran 5,6 Magnitudo, berlokasi di Barat Laut, Larantuka-NTT

3. Pukul 10:20:23 WIB besaran 5,5 Magnitudo, berlokasi di Maumere, Sikka, NTT

Gempa juga dirasakan oleh sejumlah masyarakat yang berada di wilayah Makassar. Sejauh ini masih belum ada informasi lanjutan terkait aktivitas tektonik ini dari pemerintah, baik BMKG ataupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).