Ilustrasi BRI Finance
IKNB

BRI Finance Tunjuk Wahyudi Darmawan Sebagai Direktur Utama Baru

  • Selain mengangkat Wahyudi Darmawan sebagai Dirut, BRI Finance juga menunjuk Diah Defawati Ande sebagai Komisaris Independen.
IKNB
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Entitas anak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang bergerak di bidang pembiayaan, PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) baru saja mengumumkan struktur kepemimpinan baru perusahaan, dengan menunjuk Wahyudi Darmawan sebagai Direktur Utama (Dirut) BRI Finance.

Direktur Operasional dan Sekretaris Perusahaan BRI Finance, Willy Halim Sugiardi menyatakan bahwa kehadiran Wahyudi Darmawan akan mendorong BRI Finance untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Terlebih, BRI Finance diproyeksikan untuk tumbuh berkelanjutan sebagai perusahaan pembiayaan terdepan dengan layanan terintegrasi. Hal ini menjadi tantangan besar bagi Perseroan dalam mengawal aspirasi besar tersebut di tengah ketidakpastian ekonomi,” ujar Willy dalam keterangan resmi, pada Rabu, 08 November 2023.

Willy menjelaskan bahwa aspirasi perseroan untuk menjadi yang terdepan mencerminkan keunggulan dalam kinerja, kualitas, dan kompetensi sumber daya manusia. Hal ini bertujuan agar Perseroan mampu memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

Selain itu, layanan terintegrasi yang terkait dengan produk pembiayaan dan kedudukan BRI Finance akan senantiasa terhubung dan bersinergi dengan BRI sebagai perusahaan induk. Willy menyatakan bahwa pencapaian ini akan terwujud melalui integritas tinggi yang diterapkan oleh seluruh karyawan dan manajemen.

“Juga dilakukan dalam koridor pelaksanaan good corporate governance (GCG)/tata kelola perusahaan yang baik, serta arahan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan induk. Susunan kepengurusan Perseroan yang baru ini diharapkan dapat mendorong kinerja BRI Finance menjadi semakin solid dan berkelanjutan,” jelasnya.

Profil Wahyudi Darmawan

Berdasarkan informasi akun Linkedin yang bersangkungkatan, Wahyudi Darmawan adalah seorang profesional dengan latar belakang pendidikan yang solid dan karir yang cemerlang. Ia menyelesaikan studi S1 jurusan Teknik Pertanian di Universitas Gajah Mada pada 1999. Ia kemudian menyelesaikan pendidikan S2 di kampus yang sama dan meraih gelar Magister Manajemen pada 2008.

Selanjutnya, ia mengukir prestasi dengan meraih gelar MBA dari Clark University pada 2016, menambahkan dimensi internasional pada pendidikannya. Karirnya di BRI dimulai pada 2012, di mana ia mengemban tanggung jawab sebagai Senior Manager, Head of Merchant Business Development. Selama perjalanan kariernya, Wahyudi telah menunjukkan dedikasi dan keahlian yang luar biasa.

Sebelum menduduki posisi sebagai Direktur Utama BRI Finance, Wahyudi Darmawan mengepalai Regional BRI Palembang sejak 2022. Dengan pengalaman yang luas dan kompetensinya yang teruji, ia memiliki kontribusi yang signifikan dalam mengemban tanggung jawabnya di berbagai bidang, menciptakan nilai tambah dalam dunia bisnis dan keuangan.

Selain menunjuk Wahyudi Darmawan sebagai Direktur Utama, BRI Finance juga mengangkat Diah Defawati Ande sebagai Komisaris Independen. Pengangkatan keduanya telah sesuai dengan ketentuan regulator dan mendapatkan persetujuan atas kemampuan dan kepatutan mereka dari Regulator.

Susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi BRI Finance:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama                      : Sigit Murtiyoso

Komisaris                                   : Dhoni Ramadi

Komisaris Independen             : Diah Defawati Ande*

Direksi

Direktur Utama                         : Wahyudi Darmawan*

Direktur Bisnis                          : Primartono Gunawan

Direktur Manajemen Risiko    : Ari Prayuwana.