Logo BRI di Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia Jl Jend Sudirman Jakarta Pusat. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Perbankan

BRI Mewakili Indonesia dalam Daftar Brand Finance Global 500 2024

  • Brand Finance, sebuah konsultan valuasi merek di tingkat dunia, baru-baru ini merilis laporan yang menampilkan 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI/BBRI) telah mengukir prestasi yang dengan menjadi perwakilan Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar Brand Finance Global 500 tahun 2024. 

Brand Finance, sebuah konsultan valuasi merek di tingkat dunia, baru-baru ini merilis laporan yang menampilkan 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia. 

Di puncak daftar tersebut, tidak mengherankan melihat Apple bertengger kokoh di peringkat pertama, mengungguli perusahaan teknologi besar lainnya seperti Samsung, Amazon, Google, dan Microsoft.

Daftar sepuluh besar sendiri memang didominasi perusahaan-perusahaan raksasa seperti Apple, Microsoft, Google, Amazon, Samsung, Walmart, TikTok, Facebook, T-Mobile, dan ICBC. 

Sementara itu, BRI sebagai bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) spesialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) berhasil menempati peringkat 446 di dunia. 

Laporan Brand Finance Global 500 adalah hasil dari evaluasi yang mendalam terhadap kinerja keuangan dan kekuatan merek suatu perusahaan. 

Brand Finance telah melakukan riset terhadap lebih dari 5.000 merek di 30 negara untuk menyusun laporan tahunan ini. Alhasil, BRI pun turut tercatut namanya di daftar 500 merek  yang masuk ke jajaran Brand Finance Global 500 2024. 

Sunarso, Direktur Utama BRI, mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya atas pencapaian ini. Baginya, prestasi ini membuktikan bahwa kinerja dan kontribusi BRI tidak hanya diakui secara nasional atau regional, tetapi juga di tingkat internasional. 

Ini adalah dorongan besar bagi BRI untuk terus meningkatkan perannya, baik dalam menciptakan nilai ekonomi maupun nilai sosial bagi masyarakat.

“Penilaian ini membuktikan bahwa kinerja dan prestasi BRI diakui secara luas tidak hanya dalam lingkup nasional dan regional semata, namun juga oleh dunia internasional,” kata Sunarso melalui pengumuman yang diterima TrenAsia, Senin, 25 Maret 2024.

Sunarso menyatakan optimismenya terhadap BRI dengan keberhasilan yang dicapainya ini. Baginya, keberadaan merek yang semakin kuat harus menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan perannya dalam menciptakan nilai ekonomi dan sosial yang lebih besar lagi.

Di dalam publikasinya, Chairman & CEO Brand Finance, David Haigh, mengatakan bahwa laporan tahun ini lebih komprehensif daripada sebelumnya. 

“Brand Finance telah berinvestasi lebih banyak dalam meneliti dan memahami persepsi pelanggan terhadap merek di seluruh dunia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan penelitian dilakukan di lebih banyak lokasi secara global,” ujarnya.