Bank Rakyat Indonesia
Korporasi

BRI Raih Penghargaan BI Awards 2022, Pengamat Soroti Peran Erick Thohir

  • Menurut Sondang, bank BUMN seperti BRI turut berperan dalam pertumbuhan UMKM yang pada gilirannya dapat meningkatkan penyerapan lapangan pekerjaan.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Pengamat Transparansi Pemerintahan dan Advokat Sondang Hutagalung menyoroti peran Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di balik kesuksesan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (kode saham: BRI) dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Kesuksesan itu pun mengantarkan BRI pada pemerolehan penghargaan Bank Pendukung UMKM Terbaik di ajang Bank Indonesia (BI) Awards 2022.

Menurut Sondang, bank BUMN seperti BRI turut berperan besar dalam pertumbuhan UMKM yang pada gilirannya dapat meningkatkan penyerapan lapangan pekerjaan.

Per Oktober 2022, BRI telah mendorong program kredit usaha rakyat (KUR) kepada 10,3 juta UMKM di Indonesia.

Sondang mengatakan, apabila setiap UMKM diasumsikan dapat menyerap sesedikitnya tiga karyawan saja, maka 10,3 juta UMKM yang dibantu oleh BRI itu dapat membantu penyerapan sekitar 32,7 juta tenaga kerja.

"Hal ini menunjukkan bahwa BUMN juga bermanfaat dalam mengembangkan usaha kecil masyarakat, mulai dari sektor permodalan, pelatihan, produksi, sampai distribusinya," ujar Sondang dalam keterangan yang diterima TrenAsia, Selasa, 6 Desember 2022.

Capaian penyaluran KUR BRI dinilai Sondang tidak terlepas dari peran Erick Thohir yang berupaya mendorong penyaluran kredit dari bank-bank BUMN untuk usaha kecil menengah.

BRI sendiri selaku peraih penghargaan BI Awards 2022 mencatat proporsi penyaluran kredit UMKM mencapai 84,2% dari total kredit keseluruhan pada periode kuartal III-2022.

Portofolio kredit UMKM BRI pun meningkat 9,83% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dari Rp852,12 triliun menjadi Rp935,86 triliun.

Selain menyabet penghargaan Bank Pendukung UMKM Terbaik, BRI juga meraih penghargaan Bank Konvensional Pendukung Moneter Rupiah dan Valas Terbaik. 

Tidak hanya mendorong bank BUMN untuk mendorong penyaluran KUR bagi UMKM, Erick Thohir pun dikatakan Sondang memiliki peran dalam mengembangkan perbankan syariah melalui PT Bank Syariah Indonesia Tbk (kode: BRIS) yang merupakan gabungan dari Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRIsyariah.

Menurut Sondang, langkah Erick untuk mengembangkan perbankan syariah di Indonesia melalui BSI adalah langkah yang tepat mengingat banyaknya masyarakat beragama Islam sehingga fundamental perbankan syariah perlu untuk diperkuat.

"Akhirnya kalau kita lihat hari ini bagian labanya (bank syariah) tumbuh baik," kata Sondang.