Pejalan kaki melintas depan logo BRI di Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia Jl Jend Sudirman Jakarta Pusat. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Perbankan

BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun untuk Ramadan-Idulfitri, Naik 5,3 Persen

  • Perseroan telah meningkatkan jumlah dana yang disiapkan untuk menghadapi lonjakan kebutuhan tunai selama periode liburan Lebaran.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI/BBRI) telah menyiapkan dana tunai senilai Rp34 triliun dalam rangka menyambut libur Lebaran tahun 2024. 

Nyoman Sugiriyasa, Senior Executive Vice President Operation BRI, mengonfirmasi kesiapan tersebut dan menekankan peningkatan persiapan dana tunai dibandingkan tahun sebelumnya. 

Menurut Nyoman, perseroan telah meningkatkan jumlah dana yang disiapkan untuk menghadapi lonjakan kebutuhan tunai selama periode liburan Lebaran. Peningkatan ini mencapai 5,3% dibandingkan tahun sebelumnya, disebabkan oleh perpanjangan periode liburan Ramadan dan Idul Fitri dari 7 hari menjadi 10 hari pada tahun ini. 

“Terjadi kenaikan 5,3% secara year on year pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun lalu dikarenakan perbedaan masa libur periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) yg sebelumnya 7 hari menjadi 10 hari di tahun ini,” ujar Nyoman dikutip dari pengumuman yang diterima TrenAsia, Rabu, 20 Maret 2024. 

Nyoman menegaskan bahwa BRI telah menyiapkan likuiditas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tunai nasabah selama bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2024. 

Dia juga menyatakan bahwa peningkatan perputaran uang menunjukkan peningkatan aktivitas ekonomi, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. 

Selain memastikan ketersediaan dana tunai, BRI juga fokus pada keandalan jaringan e-channel mereka. Dengan lebih dari 686 ribu jaringan e-channel yang terdiri dari ATM, CRM, dan EDC, masyarakat dapat dengan mudah melakukan transaksi finansial sesuai kebutuhan mereka. 

Selain itu, dengan 741.000 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan perbankan menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat. 

Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam menemukan lokasi ATM BRI, BRI telah memperkenalkan asisten virtual bernama Sabrina. Nasabah dapat berkomunikasi langsung dengan Sabrina melalui Whatsapp di nomor 0812-12-14017. 

Dengan mengirim pesan "Lokasi ATM", Sabrina akan memandu nasabah untuk mengirim lokasi mereka saat ini dan memberikan daftar lokasi ATM BRI terdekat. 

Sabrina juga tidak hanya memberikan informasi tentang lokasi ATM, tetapi juga membantu nasabah dalam berbagai layanan perbankan lainnya. 

Mulai dari pengecekan saldo dan mutasi rekening tabungan, simulasi KPR dan BRIguna, hingga pengecekan status tiket pengaduan BRI dan lokasi AgenBRILink terdekat. 

Selain itu, Sabrina juga dapat memberikan informasi di luar layanan perbankan, seperti membantu nasabah mencari berbagai merchant terdekat yang menerima pembayaran melalui BRI. 

Tidak hanya itu, BRI juga menyediakan layanan transaksi digital banking melalui super apps BRIMo. Melalui BRImo, masyarakat dapat dengan mudah membayar tiket mudik dan balik untuk Lebaran, membayar zakat melalui fitur donasi, serta mentransfer THR kepada sanak saudara melalui fitur transfer yang tersedia. 

Dengan jaringan layanan e-channel yang luas dan berbagai layanan digital banking yang tersedia, BRI berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah dalam melakukan transaksi keuangan mereka. 

Dalam era digital ini, BRI terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia dengan memberikan layanan yang cepat, aman, dan mudah diakses.