<p>Kantor BRI Syariah. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Industri

BRIS dan PGAS Bantah Endorse Ustaz Yusuf Mansyur Maupun Kaesang Pangarep

  • Yusuf Mansyur beberapa kali merekomendasikan saham PT BRI Syariah Tbk (BRIS), sedangkan Kaesang memilih PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Pom-pom saham dari sejumlah influencer kian ramai diperbincangkan setelah selebritas Raffi Ahmad dan musikus Ari Lasso merekomendasikan portofolio milik mereka.

Sebelum mereka, ada nama Ustaz Yusuf Mansyur dan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Yusuf Mansyur beberapa kali merekomendasikan saham PT BRI Syariah Tbk (BRIS), sedangkan Kaesang memilih PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

“Dalam tiga bulan terakhir, perseroan tidak memiliki kerja sama dengan media maupun influencer dalam melakukan promosi saham perseroan,” kata Division Head Corporate Secretary PT Bank BRIsyariah Tbk, Mulyatno Rachmanto, dalam surat kepada PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 6 Januari 2021.

Setali tiga uang, Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama juga menjelaskan perseroan beserta afiliasi tidak pernah dan saat ini tidak memiliki kerja sama endorsement dengan publik figur Kaesang ‘Sangmology’.

“Figur publik tersebut juga tidak memiliki afiliasi dengan dewan komisaris dan direksi perseroan,” tegasnya dalam surat terpisah.

Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa Laksono Widodo pun akhirnya angkat bicara. BEI, kata Laksono, sejatinya menyambut positif sikap para influencer dalam tersebut.

Namun, dia mengingatkan kepada para influencer ini agar tahu tanggung jawab moral atas saham yang mereka rekomendasikan. Plus, potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya jikalau datang sebuah kekecewaan.

“Kita juga mengajak mereka ikut sekolah pasar modal bagi yang belum pernah mengikuti,” kata Laksono kepada awak media. (SKO)