<p>CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono (kiri) bersama Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury (kanan) saat penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Kamis 8 Oktober 2020. / Dok. BTN</p>

BTN Salurkan Dana PEN untuk UMKM Properti Lewat Pinjol KoinWorks

  • Calon debitur UMKM di sektor properti seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor dapat mengakses kredit hingga Rp1 miliar melalui KoinWorks. Kredit tersebut dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam kurun waktu 5 hari.

Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan platform financial technology financial app PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) melalui layanan KoinBisnis. Kolaborasi ini sebagai upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan, kemitraan ini menjadi dukungan perseroan mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas UMKM di Indonesia, khususnya di sektor properti.

Lewat kerja sama ini, calon debitur UMKM di sektor properti dapat mengakses kredit dari BTN melalui KoinWorks hingga Rp1 miliar. Kredit dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam waktu lima hari.

“Dengan akses dan dana kredit Bank BTN melalui KoinWorks, kami berharap pelaku UMKM dapat mengisi rantai pasok di industri properti untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor tersebut,” ujar Pahala di sela acara penandatanganan perjanjian kerja sama di Jakarta, Kamis 8 Oktober 2020.

Dengan menggandeng KoinWorks, kata dia, perseroan meyakini dapat menjangkau semakin banyak pelaku UMKM.

“Kami percaya dengan kolaborasi bersama KoinWorks yang lebih dinamis dapat membuat analisa kredit dan customer experience menjadi lebih baik,” tambahnya lagi.

PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks). / Koinworks.com
Bisa Akses Kredit Hingga Rp1 Miliar

CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menyampaikan, kerja sama ini menambah deretan mitra strategis KoinBisnis untuk penyaluran pembiayaan UMKM lokal.

“Dengan ini juga membuktikan bahwa sistem credit scoring yang digunakan oleh KoinWorks untuk KoinBisnis dapat membantu perluasan akses penyaluran pembiayaan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui UMKM,” tutur Benedicto.

Melalui kemitraan ini, calon debitur UMKM di sektor properti seperti pemasok, kontraktor, dan subkontraktor dapat mengakses kredit hingga Rp1 miliar melalui KoinWorks. Kredit tersebut dapat langsung diterima calon debitur berdokumen lengkap dalam kurun waktu 5 hari.

Pada tahap awal, total nilai kredit dari Bank BTN yang disalurkan melalui KoinWorks mencapai Rp75 miliar. Adapun, hingga kini Bank BTN telah membina 4.792 debitur UMKM baik di segmen konvensional maupun syariah.

Ribuan debitur tersebut terdiri atas 13 sektor usaha mulai dari real estate, konstruksi, hingga pertanian. Per Agustus 2020, emiten bersandi saham BBTN ini telah menyalurkan kredit ke sektor small medium enterprises (SME) sekitar Rp1,9 triliun. Posisi tersebut naik 18,19% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp1,63 triliun di bulan yang sama tahun lalu. (SKO)