Gedung kantor Bank BTPN di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Perbankan

BTPN Jadi Pengendali OTO Group, Segini Komposisi Sahamnya

  • Dalam pengumumannya, BTPN menyatakan bahwa akuisisi ini akan memungkinkan sinergi yang lebih kuat antara Bank BTPN dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan bermotor di Indonesia.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank BTPN Tbk (BTPN) telah mengumumkan akuisisi resmi terhadap dua perusahaan pembiayaan, yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF), yang secara kolektif dikenal sebagai OTO Group. 

Langkah ini bertujuan untuk memperkuat komitmennya sebagai penyedia solusi keuangan yang komprehensif bagi nasabahnya. 

Dalam pengumumannya, BTPN menyatakan bahwa akuisisi ini akan memungkinkan sinergi yang lebih kuat antara Bank BTPN dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan bermotor di Indonesia.

Dengan bergabungnya Bank BTPN sebagai pemegang saham baru, diharapkan OTO Group dapat terus meningkatkan portofolio produk dan layanan pembiayaannya agar semakin relevan bagi masyarakat. Hal ini diyakini akan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah. 

Henoch Munandar, Direktur Utama Bank BTPN, menyatakan bahwa akuisisi ini menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portfolio bisnis yang lebih lengkap untuk melayani segmen nasabah yang lebih luas.

“Bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan, memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah kami,” ujar Henoch dikutip dari keterangan resmi, Rabu, 27 Maret 2024. 

Setelah penyelesaian akuisisi, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF akan mengalami perubahan, dimana Bank BTPN akan memiliki 51% saham, PT Summit Auto Group (anak perusahaan Sumitomo Corporation) 34%, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk 15%. Integrasi OTO Group ke dalam jaringan Bank BTPN diharapkan akan melengkapi portofolio produk dan layanan Bank BTPN sehingga lebih relevan bagi nasabahnya.

Sinergi antara Bank BTPN dan OTO Group diharapkan juga akan membuka peluang baru dalam memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, terutama di sektor pembiayaan kendaraan bermotor. 

Victoria Rusna, Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group, menyambut baik penyelesaian akuisisi ini, mengatakan bahwa sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

Kolaborasi antara Bank BTPN dan OTO Group akan mencakup pembiayaan bersama, perluasan ekosistem kedua entitas melalui pemanfaatan jaringan cabangnya di Indonesia, serta peningkatan sumber daya manusia melalui program pelatihan bersama. 

“Sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat, serta dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau yang belum terjangkau layanan keuangan,” papar Victoria.