<p>Tokoh Bu Tejo di Film Tilik diperankan oleh Siti Fauziah yang menjadi trending topic di Twitter. / Foto: Youtube Ravacana Film</p>
Gaya Hidup

Bu Tejo Tilik Viral, Ini Rekomendasi 6 Film Pendek Karya Anak Bangsa yang Seru untuk Ditonton

  • Tidak hanya film Tilik yang layak untuk ditonton saat long weekend ini, simak enam film pendek karya anak bangsa yang tidak kalah seru untuk disaksikan.

Gaya Hidup
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Belakangan, warganet dihebongkan dengan film pendek besutan Wahyu Agung Prasetyo berjudul Tilik. Saking populernya, film Tilik menjadi trending topic di laman Twitter pada, Jumat, 21 Agustus 2020.

Meskipun telah dirilis pada 2018 silam, film ini baru mendapatkan “panggung” baru-baru ini. Ketenaran film Tilik disebabkan oleh tokoh Bu Tejo dan alur ceritanya yang mencerminkan masyarakat Yogyakarta yang juga menjadi latar belakang film tersebut.

Namun, tidak hanya film Tilik yang layak untuk ditonton saat long weekend ini, TrenAsia.com telah merangkum enam film pendek karya anak bangsa yang tidak kalah seru untuk disaksikan.

1. Lemantun

Film besutan Wregas Bhanuteja ini mengisahkan tentang seorang ibu yang mewariskan lemari tua di rumah untuk kelima anaknya. Film sederhana bertema keluarga ini akan membawa penonton khidmat dalam perasaan campur aduk antara senang dan terharu.

Dengan cerita yang menyentuh, Lemantun berhasil memboyong penghargaan sebagai film pendek terbaik dari Apresiasi Film Indonesia 2015 dan film pendek terbaik dari Piala Maya 2015 silam.

2. Natalan

Film kedua juga masih bertema keluarga dengan tokoh ibu yang menjadi pusat cerita. Dikisahkan dalam film ini sebuah penantian seorang ibu yang menunggu anak-anaknya pulang untuk merayakan Natal bersama di rumah di Yogyakarta. Film pendek karya Sidharta Tata dibintangi oleh Ramon Y. Tungka, Clara Soetedja, dan Mien Brodjo.

Salah satu adegan dalam Film Anak Lanang produksi Ravacana Film. / Youtube Ravacana Film

3. Elegi Melodi

Lagi-lagi soal ibu, film Elegi Melodi mengisahkan permintaan seorang ibu di saat terakhirnya sebelum meninggal dunia. Tahu apa yang diminta? Sang ibu minta untuk dibuatkan video klip. Sepanjang film, penonton akan dibuat terkesan dengan alur cerita yang menyentuh dan penuh makna.

4. Ji Dullah

Film pendek kali ini berkisah tentang seorang pria yang baru saja pulang dari ibadah haji. Sepulangnya dari Tanah Suci, ia ditawari oleh tetangganya untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa.

Film ini mengangkat fenomena terobsesinya masyarakat pada sebuah jabatan. Menariknya, film ini dikemas dengan lucu namun tetap menyentil.

5. Anak Lanang

Sutradara Tilik, Wahyu Agung Prasetyo sebelumnya telah melahirkan film pendek berjudul Anak Lanang. Kala itu, karyanya mendapat penghargaan dari Indonesian Short Film Festival 2019. 

Film pendek ini bercerita tentang empat anak laki-laki tengah dalam perjalanan pulang menaiki becak. Di atas becak tersebut, keempat bocah banyak membicarakan hal-hal termasuk soal Hari Ibu.

6. Singsot

Film Singsot masuk dalam jajaran film pendek horor terbaik pada 2016 silam. Tidak tanggung-tanggung, Singsot menyabet Film Terbaik dari Fiagra Horor Film Festival 2016 dan Film Horor Terbaik dari Taman Film Festival 2017.

Tokoh utama dalam film ini yaitu anak laki-laki bernama Pulung yang mencoba melanggar mitos tentang larangan singsot atau bersiul pada malam hari. Akibat pelanggarannya, Pulung mendapatkan pengalaman horor yang akan disajikan singkat lewat film ini. (SKO)