<p>Budi Arie Setiadi (Sumber: https://id.wikipedia.org/)</p>
Nasional

Budi Arie Usul Revisi UU Keterbukaan Informasi Publik

  • Upaya tersebut diklaim untuk memperkuat kelembagaan sekaligus penyelarasan dengan lanskap digitalisasi yang tengah berlangsung.
Nasional
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengusulkan revisi atas Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Upaya tersebut diklaim untuk memperkuat kelembagaan sekaligus penyelarasan dengan lanskap digitalisasi yang tengah berlangsung.

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional ke-14 Komisi Informasi se-Indonesia di Lombok Raya Hotel, Mataram, NTB, Senin, 7 Agustus 2023. “Kita revisi sesuai kebutuhan dan tantangan zaman,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa 8 Agustus 2023. 

Budi Arie menuturkan usulan revisi diharapkan dapat mengakomodasi dinamika digitalisasi dan pengaturan perlindungan data pribadi. “Juga menindaklanjuti adanya fenomena vexatious request atau permintaan berulang dengan itikad buruk yang mungkin perlu disikapi dalam UU ke depan,” ujarnya.

Budi Arie menilai kelembagaan Komisi Informasi menjadi salah satu penentu penyediaan informasi yang kredibel karena saat ini badan publik tengah dihadapkan pada tantangan yang makin besar. Ketika informasi berlimpah, maka seringkali memunculkan tantangan misinformasi, disinformasi maupun malinformasi.

“Merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memastikan ruang digital Indonesia dapat terjaga secara kondusif melalui berbagai program-program strategis." Lebih jauh, Budi Arie mendorong upaya bersama dalam memaksimalkan kerja nyata dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang terbuka dan transparansi kepada publik.

“Saya yakin makin banyak orang yang memiliki akses ke informasi yang tepat, makin besar potensi untuk kemajuan bangsa terutama menyongsong Indonesia maju. Hal ini sesuai tema hari ulang tahun kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, terus melaju untuk Indonesia maju,” ujarnya.