Nampak pekerja sedang memantau perkembangan larva maggot di tempat budi daya maggot di produksi Magalarva Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. 23 Juli 2024. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Budidaya Maggot Untuk Pengolahan Sampah Makanan

  • Dilansir dari laman resmi sipsn.menlhk.go.id tahun 2022, presentase jenis sampah terbanyak menunjukan angka 30,6% yang dihasilkan dari sisa makanan.

Foto

Panji Asmoro

Sisa makanan menjadi limbah yang dapat mencemari lingkungan, meskipun sampah ini tergolong kedalam sampah yang mudah diuraikan namun apabila tidak dikelola dengan baik sampah ini akan menjadi sumber penyakit bagi manusia. 

Dilansir dari laman resmi sipsn.menlhk.go.id tahun 2022, presentase jenis sampah terbanyak menunjukan angka 30,6% yang dihasilkan dari sisa makanan. Masyarakat Indonesia  dapat mengelola jenis sampah ini menggunakan hewan yang bernama latin Hermetia Illucensa atau lebih dikenal dengan sebutan maggot. 

Hewan jenis ini akan sangat bermanfaat apabila dipelihara dengan baik, bahkan tak sedikit orang memanfaatkan maggot sebagai sumber penghasilan mereka, pemeliharaan yang cukup mudah serta pakan yang berasal dari sisa makanan, membuat sebagai orang lebih memilih maggot untuk mendapatkan pundi-pundi kehidupan. 

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia