Pesawat AirAsia Airbus A330
Transportasi dan Logistik

Buka Rute Baru ke Korea Selatan, AirAsia Kukuhkan Kinabalu Sebagai Hub Terbesar Kedua di Malaysia

  • Rute baru ke Seoul tersebut akan mulai beroperasi pada 4 Maret 2024 dengan frekuensi harian.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

SEPANG - AirAsia pada Selasa, 5 Desember 2023 mengukuhkan kembali Kota Kinabalu sebagai hub terbesar keduanya di Malaysia yang ditandai dengan peluncuran rute barunya yang menghubungkan Kota Kinabalu ke Seoul (Incheon), Korea Selatan. Dengan tambahan rute tersebut, AirAsia Malaysia akan terbang ke total 18 rute dengan 282 penerbangan setiap minggu dari/ke Kota Kinabalu mulai Maret 2024 dan seterusnya.

Rute baru ke Seoul tersebut akan mulai beroperasi pada 4 Maret 2024 dengan frekuensi harian sehingga memberikan kemudahan bagi para wisatawan untuk menjelajahi berbagai tempat wisata dan berbagai kuliner yang menarik dari kedua destinasi tersebut dengan harga yang terjangkau.

Peluncuran rute baru tersebut dilakukan setelah terjadi peningkatan signifikan jumlah wisatawan Korea yang berkunjung ke Sabah. Berdasarkan data terbaru, Sabah berhasil menyambut sekitar 150.000 wisatawan Korea dalam tahun ini, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah pengunjung dari Korea ke negara tersebut. 

Hal tersebut menunjukkan warga Korea saat ini menjadi salah satu kelompok pengunjung utama di Sabah. Hala tersebut didorong oleh semakin besar minat mereka terhadap keindahan alam dan pengalaman budaya yang unik yang ditawarkan oleh negara ini.

CEO AirAsia Malaysia Riad Asmat dalam keterangan resmi  mengungkapkan kegembiraannya menjadi maskapai penerbangan Malaysia pertama yang menjalin hubungan langsung antara Kota Kinabalu dan Seoul. 

Menurutnya, rute baru tersebut memiliki potensi besar bagi pelancong baik yang berwisata maupun berbisnis, memberikan akses yang terjangkau ke dua destinasi wisata yang menakjubkan. Riad menekankan peluncuran rute tersebut sejalan dengan visi perusahaan untuk menghubungkan komunitas di seluruh wilayah Asia, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan integrasi regional.

Riad menyatakan melalui ekspansi ini, AirAsia semakin memperkuat posisi Kota Kinabalu sebagai hub kedua terbesar di Malaysia, yang kini mencakup sembilan destinasi domestik dan sembilan destinasi internasional. 

“Peluncuran rute ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan pariwisata dan perdagangan di Kota Kinabalu dan AirAsia berdedikasi untuk memperluas jaringan kami dan menjadikan perjalanan udara lebih mudah diakses oleh semua orang.” tutup Riad.