<p>Situs belanja online alias e-commerce unicorn Bukalapak / Bukalapak.com</p>
Fintech

Emtek hingga Microsoft Suntik Bukalapak Rp3,4 Triliun

  • Bukalapak mendapatkan pendanaan sebesar US$234 juta atau setara Rp3,4 triliun dari Microsoft Corp, pada Rabu, 14 April 2021.

Fintech
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA – Platform e-commerce PT Bukalapak.com (Bukalapak) dilaporkan mendapatkan pendanaan sebesar US$234 juta atau setara Rp3,4 triliun dari Microsoft Corp pada Rabu, 14 April 2021.

Mengutip Reuters, pendanaan itu juga melibatkan GIC (Government of Singapore Investment Corporation), perusahaan konglomerasi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Grup Emtek, SC Ventures, Standard Chartered, dan Naver Corp.

Bukalapak berencana mengadakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) lewat Mandiri Sekuritas di Indonesia. Sebelum pada akhirnya start up tersebut dapat merger melalui special purpose acquisition company (SPAC) di Amerika Serikat ke depannya.

Pendanaan tersebut hadir di tengah minat investor global dalam mendanai start up sektor teknologi di Asia Tenggara dengan prospek IPO yang mencapai puluhan miliar dolar AS.

Melansir dari Kr Asia, Bukalapak sempat menyatakan keinginan untuk membidik pasar Filipina pada Maret 2021.

Saat ini, Bukalapak telah memiliki 100 juta pengguna aktif dan 7 juta partner dagang. Bukalapak juga mencatat valuasi pasar sebesar US$2,5 miliar setara Rp36,5 triliun pada 2019 (asumsi kurs Rp14.615 per dolar Amerika Serikat)

Di sisi lain, Grab Holding Inc telah mengumumkan merger bersama Altimeter Capital dengan nilai valuasi sebesar US$39,6 miliar (Rp578,7 triliun). (LRD)