CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin (kedua kiri) dan Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto (kanan) mengikuti Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 15 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Fintech

Bukalapak Gandeng Standard Chartered Bakal Luncurkan Buka Tabungan

  • PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menggandeng Standars Chartered Bank untuk meluncurkan layanan bank digital, persisnya adalah produk tabungan
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menggandeng Standard Chartered Bank untuk meluncurkan layanan bank digital atau persisnya adalah produk tabungan.

Presiden Direktur Bukalapak, Rachmat Kaimudin, menegaskan kerja sama ini bukanlah akuisisi bank atau membentuk entitas baru. Terkait dengan kolaborasi ini, Bukalapak tengah menunggu lampu hijau dari regulator.

"Saat ini sudah masuk persiapan teknis, menunggu approval untuk launching. Harapannya ini bisa menawarkan layanan perbankan ke customer dan ke nasabah global partner Standard Chartered," kata Rachmat dalam acara paparan publik, Selasa 19 Oktober 2021.

Aplikasi layanan perbankan digital baru ini akan memungkinkan para penggunanya melakukan proses onboarding yang sepenuhnya digital dan tanpa verifikasi tatap muka. Ia mengatakan, kolaborasi ini menjadi solusi finansial baru ini sebagai salah satu layanan perbankan digital pertama di Indonesia yang memanfaatkan ekosistem e-commerce. 

“Tentunya untuk memberikan layanan perbankan yang lebih inklusif dan menyeluruh bagi setiap masyarakat, terutama untuk masyarakat di luar kota-kota besar di Indonesia, yang membutuhkan akses cepat dan mudah ke layanan perbankan.”

Presiden Bukalapak, Teddy Oetomo mengatakan, kerja sama dengan Standard Chartered tidak dalam bentuk yang eksklusif. "Kita terbuka kolaborasi dengan instansi dan institusi keuangan yang ada di Indonesia.”

Perseroan juga diketahui bekerjasama dengan Ashmore dari sektor keuangan di layanan investasi. Rachmat mengatakan, Bukalapak telah meluncurkan aplikasi baru B-Money sebagai solusi investasi yang baik.

"Nantinyam asyarakat berinvestasi dengan nilai lumayan kecil mulai Rp1.000 per transaksi. Ini telah kami persiapkan dan tinggal menunggu waktunya peluncuran digital banking bersama Standard Chartered Bank,” kata dia.