<p> Ilustrasi investasi reksa dana saham saat pandemi./ Pixabay</p>
Gaya Hidup

Bukan Cuma Harta, Simak 5 Macam Kekayaan yang dapat Dimiliki

  • Kekayaan, sudah pasti penting dan bisa memberikan kita kebahagiaan. Tapi, tahukah Anda, bahwa kekayaan bukan hanya dilihat dari harta saja. Selain harta, ada beberapa macam kekayaan yang bisa Anda miliki.
Gaya Hidup
Azura Azka Syavira

Azura Azka Syavira

Author

Kekayaan, sudah pasti penting dan bisa memberikan kita kebahagiaan. Tapi, tahukah Anda, bahwa kekayaan bukan hanya dilihat dari harta saja. Selain harta, ada beberapa macam kekayaan yang bisa Anda miliki. 

1. Kekayaan Finansial

Kekayaan finansial berarti segala keinginan dan kebutuhan hidup tidak akan terhambat dengan kondisi finansial.  Dalam mencapai kekayaan finansial bisa dimulai dari penganggaran yang efektif dengan mengalokasikan pendapatan untuk biaya-biaya yang sifatnya rutin baik secara harian, mingguan, bulanan maupun tahunan.

2. Kekayaan Sosial

Sebagai makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, memiliki jejaring sosial dari mulai teman, sahabat, rekan kerja, pasangan hidup adalah kekayaan secara sosial yang harus dimiliki. Anda akan memiliki kekayaan sosial yang melimpah jika anda bisa terus menebar kebaikan dan kemuliaan pada kepada sesama manusia.

3. Kekayaan Fisik (Sehat)

Bagaimana bisa mendapat kekayaan finansial dan sosial apabila tidak memiliki kekayaan fisik? Kekayaan fisik adalah memiliki badan yang sehat dan kuat. Kekayaan fisik bisa didapatkan dengan pola hidup sehat, berolah raga dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

4. Kekayaan Intelektual

Jenis kekayaan yang satu ini timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia yang dapat berupa karya-karya di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Karya-karya ini dihasilkan atas kemampuan manusia melalui curahan waktu, tenaga, pikiran daya cipta, rasa dan karsanya. Hal-hal terserbutlah yang membedakan kekayaan intelektual dengan jenis kekayaan yang lainnya.

5. Kekayaan Spiritual

Kekayaan ini hanya bisa didapat oleh orang yang memiliki kedekatan dengan Sang Pencipta dan juga sekaligus terus mampu menebar kebaikan di muka Bumi ini. Salah satu langkah kecil untuk merajut Kekayaan Spiritual adalah dengan melakukan Gratitude Ritual atau selalu bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.