Bukan dengan Gaji Tinggi, Ternyata Begini Cara Meraih Kekebasan Finansial
Gaya Hidup

Bukan dengan Gaji Tinggi, Ternyata Begini Cara Meraih Kebebasan Finansial

  • Kebebasan finansial kini menjadi impian atau tujuan hidup yang penting bagi manusia khususnya generasi milenial.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kebebasan finansial kini menjadi impian atau tujuan hidup penting manusia khususnya milenial.

Apa itu kebebasan finansial? Meski tidak ada definisi utuh dari teori ini, tapi kebebasan finansial bisa diartikan sebagai kondisi saat manusia bisa memenuhi berbagai keinginan dengan uang yang dimiliki.

Pada umumnya orang percaya bahwa kunci untuk meraih kekayaan dan kebebasan finansial adalah dengan memiliki pekerjaan dengan gaji tinggi. 

Pekerjaan bergaji tinggi memang memudahkan Anda untuk mengumpulkan aset. Meski demikian, salah satu kunci untuk meningkatkan kekayaan bersih Anda justru dengan membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda hasilkan.

Anda perlu memahami perbedaan antara pendapatan dan kekayaan jangka panjang untuk menghindari jebakan pengeluaran. 

Pendapatan memang merupakan salah satu komponen kekayaan, akan tetapi hal itu bukan menjadi satu-satunya faktor yang berpengaruh. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meraih kebebasan finansial.

Miliki Dana Darurat

Untuk memiliki kebebasan secara finansial, maka dana darurat Anda juga harus tersedia. Dengan adanya dana darurat, Anda bisa tetap mengantisipasi jika suatu saat ada pengeluaran yang bersifat mendadak dan tidak terduga. Untuk menabung dana darurat, sebelumnya Anda harus membuat rekening dana darurat terpisah dari rekening utama. Sisihkan uang secara rutin setiap bulan dari penghasilan Anda agar target dana darurat bisa tercapai.

Investasi Pendapatan Anda

Perlu Anda ketahui, hidup tidak hanya berjalan saat ini saja. Anda perlu merencanakan tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba berinvestasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda baik untuk jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang.

Jangan Tergoda Berbelanja dengan Cicilan

Kartu kredit atau sistem paylater yang saat ini banyak tersedia memang memudahkan Anda untuk mendapatkan suatu barang meski saat ini uang Anda belum mencukupi untuk membeli barang tersebut. Akan tetapi, menggunakan kedua hal tersebut justru akan menunda waktu Anda untuk meraih kebebasan finansial. Anda justru lebih sibuk untuk melunasi utang atau cicilan sekaligus bunga yang menumpuk.

Jangan Malu Punya Kendaraan Lama

Kendaraan merupakan salah satu hal yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, setiap tahun tentu akan muncul berbagai varian kendaraan terbaru yang mungkin menggoda Anda untuk membelinya. 

Jika Anda masih memiliki kendaraan seperti mobil atau motor yang dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, maka tidak ada salahnya Anda tetap menggunakannya tanpa perlu gonta-ganti kendaraan terbaru. Anda bisa mengalokasikan uang untuk membeli kendaraan untuk keperluan yang lebih penting seperti biaya perbaikan atau dialihkan ke investasi seperti reksa dana, saham, dan sebagainya.

Tidak Tergiur Gadget Terbaru

Seperti halnya kendaraan, gadget juga selalu ada varian terbaru setiap tahunnya. Bagi Anda yang ingin segera tercapai tujuan keuangannya dan memiliki kebebasan secara finansial, ada baiknya jika Anda tetap menggunakan gadget Anda saat ini tanpa membeli gadget terbaru untuk menggantikannya. Selain lebih hemat, uang tersebut juga bisa Anda alokasikan ke pos keuangan yang lain seperti dana darurat, investasi, atau tabungan Anda.