Rahasia Ratu Elizabeth II Jaga Kesehatan Sampai Usia 96 Tahun
Gaya Hidup

Bukan Diet Ekstrem, Ternyata Ini Rahasia Ratu Elizabeth II Jaga Kesehatan Sampai Usia 96 Tahun

  • Berikut beberapa ‘rahasia’ Ratu Elizabeth II menjaga kesehatan sampai wafat pada usia 96 tahun.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pada 8 September 2022, Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada usia 96 tahun. Ratu Elizabeth II meninggal dunia usai bertakhta selama 70 tahun.

Ratu Elizabeth II merupakan pemimpin terlama dalam sejarah Inggris, setelah mewarisi mahkota dari ayahnya pada tahun 1952 dan menjadi kepala negara tertua di dunia. 

Seperti yang dilansir dari laman The Guardian, meski rincian tentang kesehatan Ratu Elizabeth II jarang dibagikan kepada publik, kesehatan Ratu Elizabeth memang selalu dipantau secara ketat sepanjang hidupnya oleh tim medis keluarga kerajaan dan dikenal karena kesehatannya yang kuat.

Ratu Elizabeth II sebelumnya juga sempat tertular COVID-19 pada Februari 2022 tetapi hanya ke rumah sakit selama tiga kunjungan singkat selama dua dekade terakhir. Berikut beberapa ‘rahasia’ Ratu Elizabeth II menjaga kesehatan sampai wafat pada usia 96 tahun.

Melakukan Olahraga yang Masuk Akal

Ratu Elizabeth II memang tidak repot dengan olahraga yang intens, tapi memilih olahraga yang masuk akal seperti menunggang kuda dan rutin berjalan kaki di taman Istana Buckingham setelah acara makan siang.

Tidak hanya itu, Ratu Elizabeth II menikmati waktu di alam dan menyukai pedesaan Skotlandia di sekitar Balmoral yang ia kunjungi hampir setiap tahun. Sang Ratu juga dikabarkan tidak pernah merokok dan tidur nyenyak.

Mengonsumsi Makanan Seimbang

Seperti yang dilansir dari laman Insider, Ratu Elizabeth II bukan seorang pencinta kuliner, menurut Darren McGrady, kokinya dari tahun 1982 hingga 1993. Diperkirakan Ratu juga mengonsumsi makanan sederhana.

Ketika makan sendirian, Ratu sangat disiplin dan sering mengonsumsi makanan rendah karbohidrat. Akan tetapi, Ratu juga menikmati camilan dan mengonsumsi alkohol.

Di pagi hari, Ratu biasa mengonsumsi biskuit dan teh serta roti panggang dan sel jeruk. Selain itu, bisa juga sereal dengan buah atau salmon asap dengan telur orak-arik dan truffle.

Sebelum makan siang yang biasanya berupa ikan bakar dengan sayuran, Ratu akan mengonsumsi gin dan Dubonnet atau minuman beralkohol berbahan dasar anggur manis dengan irisan lemon dan es. Saat sore hari, Ratu biasa menikmati teh sore tradisional seperti teh darjeeling dan sandwich, scone, dan sepotong kue. 

Ketika tidak ada acara, makan malam Ratu seringkali berupa fillet daging sapi atau daging rusa, atau salmon dari peternakan di Sandringham dan Balmoral, dengan buah-buahan untuk pencuci mulut.

Selain soal makanan, Ratu juga selalu menjaga agar otak tetap aktif, meluangkan waktu untuk bersantai dan bermain, dan beristirahat dengan teratur dan cukup.

Itu tadi beberapa ‘rahasia’ Ratu Elizabeth II menjaga kesehatan. Tertarik untuk mencobanya?