Bukan Hal Negatif, Ini Alasan Mengapa Bersikap Skeptis Justru Diperlukan
Gaya Hidup

Bukan Hal Negatif, Ini Alasan Mengapa Bersikap Skeptis Justru Diperlukan

  • Penjelasan mengenai alasan kita harus bersikap skeptis sekaligus manfaatnya. Dengan bersikap skeptis yang bijaksana, Anda bisa selalu melindungi diri sendiri dan memperluas wawasan Anda tentang dunia ini.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda mungkin tidak asing dengan istilah skeptis. Pada umumnya, skeptis dipandang sebagai suatu hal yang negatif, padahal belum tentu hal tersebut berarti demikian.

Skeptis adalah tentang keraguan tentang berbagai hal yang terjadi di dunia ini. Meski begitu, skeptis sendiri berbeda dengan penolakan. 

Skeptis adalah suatu tindakan yang menangguhkan penilaian ketika mengevaluasi suatu penjelasan atau klaim. Dengan bersikap skeptis, Anda akan mempertanyakan suatu klaim dan tidak langsung melompat ke kesimpulan. Sikap skeptis memungkinkan kita untuk mempertimbangkan semua kemungkinan dan secara sistematis mempertanyakan semua informasi selama penyelidikan.

Alasan Mengapa Kita Perlu Bersikap Skeptis

Mengapa mempertahankan pandangan skeptis itu penting? Hal ini karena skeptisisme membantu Anda untuk tetap objektif ketika menerima suatu klaim atau informasi.

Sikap skeptis akan memaksa Anda untuk memeriksa setiap klaim, baik milik Anda sendiri dan orang lain untuk memastikan bahwa ada cukup bukti untuk mendukungnya. Skeptis tidak meragukan setiap klaim, hanya klaim yang didukung oleh bukti yang tidak memadai atau data yang dikumpulkan secara tidak tepat, tidak relevan, atau tidak dapat mendukung alasan yang dibuat.

Perbedaan Antara Sikap Skeptis dan Penyangkalan

Masyarakat terkadang mengacaukan makna dari sikap skeptis dengan penyangkalan. Bagi para ilmuwan, skeptis memungkinkan mereka untuk memperoleh kesimpulan logis yang didukung oleh bukti yang telah diperiksa dan dikonfirmasi oleh orang lain di bidang yang sama, bahkan ketika bukti tersebut tidak mengkonfirmasi kepastian mutlak. 

Sebaliknya, penyangkalan akan cenderung berpegang teguh pada suatu ide atau keyakinan tertentu meski sudah ada banyak bukti yang menentang ide tersebut. Agar tetap objektif, Anda harus tetap skeptis dan terus mencari tahu apakah suatu ide atau informasi tersebut sah atau valid. 

Manfaat Bersikap Skeptis

Manfaat Bersikap Skeptis

Bersikap skeptis akan membantu Anda memiliki sikap kritis terhadap setiap informasi yang ada. Berikut beberapa manfaat dari bersikap skeptis.

1. Menghindari Terkena Penipuan

Sikap skeptis membantu Anda agar tidak dengan mudah terjebak dalam penipuan atau skema penipuan apapun. Sikap skeptis akan membantu Anda mempertanyakan klaim yang tidak terbukti atau tidak masuk akal, sehingga Anda dapat melindungi diri dari kehilangan uang, waktu, atau sumber daya berharga lainnya.

2. Mengembangkan Pemikiran Kritis

Dengan menjadi skeptis, Anda melatih kemampuan critical thinking Anda. Anda belajar untuk tidak menerima informasi begitu saja tanpa mempertanyakan atau melakukan penelitian lebih lanjut. Keterampilan inilah yang akan membantu Anda mengembangkan kemampuan analitis dan pemikiran logis.

3. Mendorong Penelitian dan Pengetahuan

Ketika Anda bersikap skeptis terhadap klaim atau informasi tertentu, Anda cenderung mencari bukti dan fakta yang mendukung atau membantahnya. Aktivitas ini akan mendorong Anda untuk melakukan penelitian lebih lanjut, mencari sumber terpercaya, dan memperluas pengetahuan Anda tentang topik tersebut.

4. Melindungi Diri dari Kesalahan dan Penilaian yang Buruk

Dengan bersikap skeptis, Anda dapat menghindari membuat keputusan yang salah berdasarkan informasi yang tidak akurat atau manipulatif. Anda juga akan lebih waspada terhadap bias atau niat tersembunyi di balik klaim yang diajukan oleh orang lain.

5. Mengembangkan Rasa Kemandirian

Bersikap skeptis akan membantu Anda untuk bergantung pada pemikiran dan penilaian Anda sendiri, bukan hanya mengikuti arus atau mengandalkan informasi yang diberikan tanpa kritis. Sikap ini juga akan memperkuat rasa kemandirian dan memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih baik untuk diri sendiri.

Itu tadi penjelasan mengenai alasan kita harus bersikap skeptis sekaligus manfaatnya. Dengan bersikap skeptis yang bijaksana, Anda bisa selalu melindungi diri sendiri dan memperluas wawasan Anda tentang dunia ini.