sayur-Pecel.jpg
Destinasi & Kuliner

Bukan Hanya Pecel Madiun Ini Ragam Pecel di Jawa Timur

  • Ternyata di Jawa Timur makanan satu ini memiliki beberapa versi yang unik di berbagai daerah di Jawa Timur. Di mana memiliki ciri khas sendiri namun tetap dalam satu warisan rasa yang sama.
Destinasi & Kuliner
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan ragam kuliner enak. Salah satunya pecel, adapun pecel merupakan makanan yang terdiri atas sayuran rebus seperti kacang panjang, toge, daun kenikir, bayam hingga kemangi yang disiram dengan kuah kacang.

Ternyata di Jawa Timur makanan satu ini memiliki beberapa versi yang unik di berbagai daerah di Jawa Timur. Di mana memiliki ciri khas sendiri namun tetap dalam satu warisan rasa yang sama.

Kira-kira apa saja ragam pecel yang ada di Jawa Timur, berikut TrenAsia.com rangkum untuk Anda dari laman Jatim Pemprov :

Pecel Madiun 

Hidangan pecel satu ini sudah menjadi legendaris yang disajikan dalam pincuk atau ingke terdiri dari beragam sayuran rebus yang dilumuri bumbu kacang dengan aroma khas jeruk purut. Dalam menikmati perjalanan Madiun perlu menambahkan peyek ebi atau kacang untuk menambahkan tekstur kriuk.

Pecel Pitik

Pecel pitik merupakan kuliner khas suku Osing Banyuwangi, dulunya kuliner ini hanya disajikan saat acara selamatan di desa adat kemiren. Pecel pitik Banyuwangi hidangkan dengan ayam kampung muda yang dipanggang dengan bumbu gurih dan diberi parutan kelapa muda.

Pecel Rawon 

Pecel rawon dari Banyuwangi kuliner unik Banyuwangi ini menggabungkan kesegaran pejal dengan kuah rawon hitam yang dibuat dari biji kluwek. Kuliner satu ini disajikan dengan kuah gurih dari rawon tanpa daging dan diberi sayur pecel dan menciptakan perpaduan rasa yang unik.

Pecel Punten

Kuliner satu ini berasal dari Tulungagung Jawa Timur, punten sendiri merupakan kuliner tradisional authentic Tulungagung yang dibuat dari beras dan santan yang kental. Punten memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal menyerupai lontong, biasanya pecel punten disajikan dengan sayur telur ayam goreng ikan dan rempeyek lalu dibungkus daun pisang.

Pecel Blitar 

Blitar terkenal dengan sambal pecelnya yang halus dan gurih. Untuk menikmati seporsi pecel Blitar biasanya disajikan dengan beragam sayuran rebus dan taburan serundeng kelapa yang menambah cita rasa unik. Tak lupa untuk menikmati kelezatan pejal Blitar dapat diberikan peyek udang atau kacang.

Pecel Kediri 

Kuliner pecel dari daerah Kediri di Jawa Timur memiliki bumbu yang sedikit berbeda. Pecel ini menggunakan sambal tumpang yaitu fermentasi tempe berpadu dengan cabai dan rempah. Biasanya pecel tumpang dihidangkan dengan nasib bulan dengan aneka sayur segar dan tak lupa diberikan peyek sebagai pengganti kerupuk.

Pecel Semanggi 

Salah satu versi pecel dari Surabaya, bahan utama dari pecel ini adalah daun Semanggi. Selain daun Semanggi dilengkapi dengan toge, kangkung yang disiram dengan bumbu khas pecel berbahan dasar ketela dan kerupuk puli yang menjadi pelengkap hidangan tersebut.