Perencanaan Keuangan
Gaya Hidup

Bukan Investasi! Cara Ini Bisa Membuat Anda Menghasilkan Uang dari Rumah

  • JAKARTA - Dikutip dari corporatefinanceinstitute.com penghasilan pasif adalah uang yang diperoleh dengan cara yang tidak memerlukan terlalu banyak usaha.
Gaya Hidup
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA - Dikutip dari corporatefinanceinstitute.com penghasilan pasif adalah uang yang diperoleh dengan cara yang tidak memerlukan terlalu banyak usaha. 

Ada beberapa ide yang jika direalisasikan akan membuat seseorang dapat menghasilkan pendapatan pasif. 

Namun, pekerjaan itu cukup membutuhkan banyak usaha yakni seperti mengembangkan blog dan membuat konten. Kegiatan itu bisa membuat seseorang dapat menghasilkan uang bahkan ketika mereka tidur.

Memiliki penghasilan pasif akan memberi banyak manfaat dan keuntungan untuk seseorang dari segi keuangan dimasa sekarang dan mendatang. 

Pendapatan pasif bisa didapatkan melalui berbagai instrumen investasi seperti saham, deposito, reksadana, emas, properti dan lainnya. 

Namun tidak hanya itu, terdapat juga cara lain yang lebih murah dan minim risiko yang bisa dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif, yakni melalui karya yang dihasilkan pada sebuah platform digital.

Berikut dibawah ini kegiatan berkarya pada platform digital yang bisa menghasilkan pendapatan pasif :

1. Blogging
 

Blog merupakan situs web yang menampilkan informasi tertentu. Dengan blog, Anda bisa menuliskan apa saja untuk membuat pengguna internet tertarik untuk berkunjung. 

Blog Anda menghasilkan aliran pendapatan pasif melalui iklan bergambar, pemasaran afiliasi, dan/atau penjualan produk digital. Untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui iklan bergambar, Anda harus fokus pada Search Engine Optimization (SEO). 

SEO adalah ilmu di balik mendapatkan lalu lintas ke situs Anda. Setelah blog Anda secara konsisten mendapatkan lalu lintas, perusahaan bahkan dapat menjangkau kerjasama untuk sebuah proyek. 


2. Kursus Digital
 

Tentunya anda memiliki sebuah keahlian. Melalui platform digital yang tersedia, Anda bisa menawarkan untuk memberikan pelatihan kepada orang lain. Konten kursus dapat Anda buat sebelumnya, lalu unduh melalui platform digital. Berikan patokan harga pada setiap kursus yang ada di platform Anda. Kursus dapat dilakukan melalui platform media sosial seperti Intagram, Twitter, Facebook hingga YouTube

3. E -book
 

Menulis e-book merupakan salah satu cara menjual keahlian tertentu untuk menghasilkan penghasilan pasif. Berbagai jenis tulisan bisa Anda tulis untuk dijadikan sebuah e-book. Tidak perlu khawatir, setiap tulisan akan menemukan pembacanya apapun jenisnya, baik itu novel, komik, puisi ataupun yang lainnya.

4. Unduhan Digital
 

Anda bisa mengunduh sebuah karya pada platform seperti Pinterest atau Canva. Melalui sebuah platform yang sudah dikenal banyak orang, karya Anda akan semakin dikenal hingga diunduh. 

Pastikan, Anda mengunduh karya di sebuah platform yang memberikan kompensasi kepada Anda sebagai kurator.

5. Pemasaran Afiliasi
 

Anda bekerja sama dengan penjual untuk mempromosikan produk mereka. Melalui sebuah platform kegiatan mempromosikan itu, Anda akan mendapatkan bagian komisi. 

Anda bisa mempromosikan layanan atau produk tersebut melalui tulisan di blog, konten di sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter atau konten di Youtube.

Dengan berbagai kegiatan menghasilkan karya pada sebuah platform digital diatas, Anda bisa menghasilkan pendapatan dari tiga aliran, yakni gaji kerja rutin, dividen dari investasi dan saham serta konten yang Anda hasilkan di platform digital. Tentunya, penghasilan pasif akan memberikan manfaat, salah satunya meningkatnya neraca keuangan Anda.