Puluhan ribu calon penumpang nampak memadati area check in counter Terminal 2 F Bandara Soekarno Hatta, Sabtu 30 April 2022. Diprediksi hari ini merupakan puncak arus mudik melalui jalur udara. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Bukan Kamar Mandi, Ternyata Inilah 3 Tempat Paling Kotor di Bandara

  • Hati-hati, inilah beberapa tempat paling kotor di bandara.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bandara memang merupakan salah satu tempat atau fasilitas umum di mana ada banyak orang yang berlalu lalang di dalamnya. Tidak mengherankan jika bandara adalah salah satu tempat yang penuh kuman.

Akan tetapi, area atau tempat paling kotor di bandara ternyata tidak di tempat yang mungkin Anda pikirkan. Seperti yang dilansir dari laman Explore, kebanyakan orang menghindari kamar mandi dengan segala cara karena lantainya yang mungkin lengket dan toilet yang bau.

Namun ternyata kamar mandi dan toilet justru bukan tempat paling kotor di bandara. Seperti yang dilansir dari laman Reader’s Digest, sebuah situs web asuransi berbasis di Texas, InsuranceQuotes.com melakukan penelitian dengan 18 tes di enam permukaan berbeda yang ada di tiga bandara utama Amerika Serikat dan penerbangan maskapai.

Penelitian ini menggunakan kit swab untuk mengidentifikasi bintik-bintik dengan jumlah rata-rata bakteri dan sel jamur per inci persegi (CFU) tertinggi.

Hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa tempat paling kotor di bandara adalah kios self check-in, di mana ada rata-rata 253.857 CFU. Bahkan ada satu kios check-in mandiri khusus yang ditemukan ada lebih dari 1 juta CFU.

Setelah itu tempat paling kotor kedua di bandara adalah sandaran tangan bangku gerbang maskapai penerbangan yang terdapat lebih dari 21.000 CFU. Untuk tempat ketiga paling kotor yaitu tombol air mancur dengan lebih dari 19.000 CFU.

Itu tadi beberapa tempat paling kotor di bandara. Oleh karena itu, saat Anda sedang akan naik pesawat, cobalah untuk rajin cuci tangan dan gunakan pembersih tangan.