<p>apple.com</p>
Tekno

Bukan Mendukung, Apple Justru Blokir Pembaruan Aplikasi Email yang Gunakan Teknologi ChatGPT

  • Apple dikabarkan telah memblokir pembaruan ke aplikasi email BlueMail yang menggunakan versi khusus dari model bahasa GPT-3 OpenAI.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apple dikabarkan telah memblokir pembaruan ke aplikasi email BlueMail yang menggunakan versi khusus dari model bahasa GPT-3 OpenAI. 

Apple dikabarkan telah memblokir pembaruan ke aplikasi email BlueMail yang menggunakan versi khusus dari model bahasa GPT-3 OpenAI

Seperti yang dilansir dari laman HT Tech, salah satu pendiri dari BlueMail yaitu Ben Volach menyebutkan bahwa Apple memberi tahu mereka bahwa kemampuan pembuatan konten dengan tenaga AI dari aplikasi tersebut dapat menunjukkan hasil yang tidak sesuai untuk anak di bawah umur.

Tidak hanya itu, Apple juga menyarankan penggunaan aplikasi tersebut hanya terbatas untuk usia 17+.

Seperti yang dilaporkan oleh The Wall Street Journal, kekhawatiran Apple ini berasal dari kontroversi masa lalu seputar ChatGPT dan tools serupa di mana chatbot AI memberikan respon yang tidak akurat, menyesatkan, atau tidak pantas.

Bahkan baru-baru ini Google Bard dikabarkan juga di bawah pengawasan dan kehilangan kepercayaan investor setelah membuat kesalahan yang menyoroti penemuan teleskop luar angkasa NASA James Webb.

Meski begitu, Volach mengatakan bahwa kebijakan pembatasan usia ini tidak adil karena Apple sudah mengizinkan aplikasi dengan fungsi AI serupa tanpa menerapkan kebijakan pembatasan usia.

"Kami menginginkan keadilan. Jika kami diharuskan berusia 17 tahun ke atas, maka yang lain juga harus melakukannya," kata Volach yang dikutip dari laman Reuters 3 Maret 2023. Ia menambahkan bahwa banyak aplikasi lain yang mengiklankan fitur mirip ChatGPT yang terdaftar di App Store Apple tapi tidak memiliki batasan usia.