<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Bukan Mustahil, Ini Cara Mendapatkan Pekerjaan di Kantor Lama Anda

  • Inilah beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan di kantor atau perusahaan lama Anda. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda mungkin dulu ingin keluar dari kantor lama Anda. Namun, hidup memang sudah berubah dan tidak menutup kemungkinan Anda berharap untuk dipekerjakan kembali oleh kantor lama Anda.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pekerjaan di kantor lama, Anda bisa menerapkan beberapa cara seperti berikut ini.

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Kantor Lama Anda

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Kantor Lama Anda

1. Memiliki alasan yang tepat untuk kembali

Anda mungkin ingin kembali bekerja di perusahaan lama karena berbagai alasan. Apapun alasan yang Anda miliki, sangat penting untuk memiliki pembenaran yang kuat untuk kembali bekerja di kantor lama Anda.

Kuncinya adalah untuk memastikan bahwa Anda menikmati waktu bekerja untuk perusahaan lama Anda tersebut dan mengapa Anda bersemangat tentang bekerja lagi di kantor tersebut.

2. Bersiap untuk negosiasi

Saat kembali ke perusahaan sebelumnya, kemungkinan besar Anda tentu sudah memikirkan untuk posisi yang Anda minati. Oleh karena itu, sangat penting untuk bersiap menegosiasikan aspek di luar gaji untuk meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan di kantor lama tersebut.

Jika sudah ada kandidat lain untuk peran tersebut, bersikaplah fleksibel dan terbuka untuk negosiasi karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan kembali oleh kantor Anda sebelumnya.

3. Manfaat koneksi perusahaan yang positif

Jika Anda meninggalkan perusahaan sebelumnya sambil tetap membina hubungan yang baik, pastikan untuk memanfaatkan koneksi positif apapun di dalam perusahaan tersebut. Jika Anda masih memiliki hubungan yang baik dengan mantan atasan Anda, hubungi mereka dan ungkapkan minat Anda untuk kembali ke perusahaan tersebut.

4. Utamakan pencapaian terbaik

Resume Anda selalu penting, tapi sangat penting saat Anda harus mengirimkannya ke perusahaan tempat Anda dulu bekerja. Bahkan, jika mantan atasan Anda sudah mengetahui kemampuan Anda, tetap penting untuk mencantumkan pencapaian Anda secara akurat di resume Anda.

5. Komunikasikan nilai Anda secara efektif

Saat melamar posisi di perusahaan tempat Anda sebelumnya bekerja, penting untuk diingat bahwa tim perekrutan mungkin tidak mengetahui kinerja Anda sebelumnya. Selain itu, mereka mungkin akan mengharap lebih dari Anda sebagai karyawan yang kembali. Oleh karena itu, untuk mengesankan pewawancara, Anda harus siap memberikan contoh spesifik tentang pengalaman Anda di dalam dan di luar perusahaan.

Itu tadi beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan di kantor atau perusahaan lama Anda. Selamat mencoba.