Tidak Hanya Mencegah Boros, Ini Keuntungan Berbelanja Barang Bekas
Gaya Hidup

Bukan Pelit atau Kikir, Ini 8 Cara Ampuh Menghemat Uang dengan Mudah

  • Inilah cara ampuh menghemat uang dengan mudah. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak orang berpikir terlalu keras untuk menekan pengeluaran sehari-hari. Namun, sebenarnya yang membuat pengeluaran semakin tinggi justru pengeluaran dalam jumlah yang kecil tapi dilakukan hampir setiap hari.

Bukan pelit atau kikir, bagi Anda yang ingin menjadi lebih hemat tanpa terlalu keras berusaha, Anda bisa mencoba beberapa cara menghemat uang dengan mudah berikut ini.

Cara Ampuh Menghemat Uang dengan Mudah

1. Pisahkan Pisang

Pemisahan pisang akan membuat buah tersebut kuning lebih lama. Pisang menghasilkan gas etilen yang dapat membuatnya matang dan dengan memisahkan setiap pisang maka akan memperlambat proses pematangan.

2. Simpan Selada

Anda perlu menyimpan selada di dalam kantong zip lock dengan handuk kertas atau tisu yang dibasahi terlebih dahulu agar dapat membuat selada tahan lebih lama.

3. Rawat Pisau Cukur

Pisau cukur adalah salah satu alat yang kerap dibeli saat Anda sedang ke minimarket atau supermarket. Padahal, Anda bisa memperpanjang masa pakai pisau cukur dengan merawatnya.

Anda perlu mengibaskan kelebihan air dari pisau cukur sekali pakai, lalu celupkan ke dalam alkohol gosok. Lalu, simpan di tempat yang kering dan jangan tinggalkan di kamar mandi. Cara ini akan mencegah mata pisau cepat berkarat dan menambah masa pakai pisau cukur sampai berminggu-minggu.

4. Balik dan Putar Kasur

Balik kasur Anda dan putar setiap tiga bulan untuk memperpanjang masa pakainya.

5. Kurangi Penggunaan Suatu Produk

Anda bisa menghemat pemakaian pasta gigi, detergen, atau sabun dengan mengurangi separuh yang Anda butuhkan. Hal ini mungkin tidak akan membuat Anda merasakan perbedaannya. Pakaian Anda akan terasa sama halusnya meski hanya menggunakan sabun sedikit.

6. Rawat Sepatu

Lapisi sol sepatu kulit Anda dengan karet agar tidak cepat aus. Selain itu, hindari memakai sepatu tersebut dua hari berturut-turut. Hal ini karena sepatu kulit lebih rentan terhadap kelembapan dan akan bertahan lebih lama jika Anda memberinya waktu untuk ‘istirahat’.

7. Buat Daftar Belanja

Menulis daftar belanja sebelum Anda pergi ke toko akan menghentikan Anda untuk melakukan pembelian secara impulsif dan melakukan pembelian yang tidak direncanakan. 

8. Pilih Lampu Hemat Energi

Meski bola lampu hemat energi mungkin jadi lebih mahal saat awal Anda membelinya, dalam jangka panjang hal itu justru menjadi investasi yang bagus. Lampu LED memiliki masa pemakaian yang jauh lebih lama daripada lampu pijar biasa dan menggunakan listrik jauh lebih sedikit.

Itu tadi cara ampuh menghemat uang dengan mudah. Selamat mencoba.