Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa di Surabaya dengan Pulau Madura di Bangkalan / Facebook Khofifah Indar Parawansa
Nasional

Bukan Suramadu, Pembangunan Jembatan Terpanjang di RI Telan Biaya Rp7 Triliun

  • Pembangunan Jembatan Sungai Pakning-Bengkalis dengan panjang sekitar 6,1 kilometer diperkirakan bakal menelan anggaran mencapai Rp7 triliun.
Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Pembangunan Jembatan Sungai Pakning-Bengkalis dengan panjang sekitar 6,1 kilometer diperkirakan bakal menelan anggaran mencapai Rp7 triliun.

Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengungkapkan bahwa Jembatan Sungai Pakning-Bengkalis menjadi jembatan terpanjang di Indonesia , mengalahkan Jembatan Suramadu sepanjang 5,4 kilometer yang menyambungkan Surabaya dengan Pulau Madura.

Edy berharap pembangunan jembatan ini dapat segera digarap karena keinginan masyarakat yang perlu diperjuangJembkan. Selain itu dia memiliki lima alasan lain mengapa jembatan tersebut harus ada.

"Alasan historis, alasan ekonomis, alasan strategis, alasan kompromistis dan alasan logis," ujarnya saat menandatangani naskah kesepakatan rencana pembangunan Jembatan Sungai Pakning-Pulau Bengkalis dengan Bupati Bengkalis Kasmarni, dikutip dari Antara, Rabu, 13 Desember 2023.

Sementara itu, Kasmarni mengklaim bahwa rencana ini telah lama diusulkan Pemkab Bengkalis dan berharap dalam pembangunannya nanti dapat didukung oleh Pemprov Riau maupun pemerintah Pusat.

"Jembatan ini sudah lama menjadi impian banyak pihak. Saat ini, satu-satunya akses masuk serta keluar dari Pulau Bengkalis hanya mengandalkan kapal Roro Sungai Selari-Air Putih,” kata Kasmarni.

Menurut dia, pembangunan jembatan ini akan sangat berdampak pada peningkatan daya saing daerah, baik di sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, transportasi, perdagangan, pariwisata dan budaya.

“Melalui naskah kesepakatan bersama ini, kami berharap dapat menguatkan komitmen dan semangat juang untuk mengimplementasi seluruh kerja sama yang telah disepakati,” pungkasnya.