<p>Inilah cara menyimpan uang untuk membuat dana darurat/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Bukan untuk Staycation, Inilah Alokasi Dana Darurat yang Tepat

  • Bukan untuk staycation, inilah alokasi dana darurat yang tepat
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pandemi COVID-19 menyadarkan banyak orang pentingnya memiliki dana darurat. Hal ini karena dengan adanya pandemi membuat banyak orang yang ikut terkena imbasnya seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pengurangan gaji.

Oleh karena itu, penting bagi Anda memiliki dana darurat yang terpisah dengan tabungan Anda. Dana darurat dapat digunakan untuk keperluan yang bersifat mendesak atau mendadak.

Anda juga sebaiknya tidak menggunakan dana darurat untuk kepentingan yang tidak mendesak seperti hiburan, liburan, atau staycation. Berikut beberapa alokasi dana darurat yang tepat untuk Anda.

Membayar Tagihan Kesehatan

Semua orang tentu ingin tubuhnya selalu sehat dan dalam kondisi yang fit. Akan tetapi, kita tentu tidak tahu jika suatu saat kita jatuh sakit, contohnya saat pandemi COVID-19 seperti saat ini biaya test PCR dan rapid test antigen tentu juga membutuhkan uang yang tidak sedikit. Selain itu, biaya untuk perawatan harian saat terkena COVID-19 juga tidak bisa dibilang sedikit. Selain itu, dana darurat juga bisa digunakan untuk membayar tagihan seperti karena kecelakaan yang tentunya tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi.

Perbaikan Kendaraan atau Rumah

Memiliki rumah dan kendaraan pribadi ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda tidak hanya membutuhkan uang saat membelinya saja, tapi juga biaya perawatannya. Bahkan, biaya perawatan rumah dan kendaraan tergolong tidak sedikit. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda selalu memeriksa kondisi rumah dan kendaraan secara berkala sehingga biaya perbaikan tidak begitu banyak yang menghabiskan tabungan dana darurat.

Kehilangan Pekerjaan

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang mengalami kehilangan pekerjaan secara mendadak. Pengalaman tersebut dapat Anda ambil sebagai pelajaran bahwa tidak selamanya Anda bisa memiliki pekerjaan yang pendapatannya cukup untuk menghidupi Anda. Oleh karena itu, jika saat ini Anda masih bekerja, jangan lupa untuk membuat dana darurat paling tidak sebanyak 6 kali dari total pengeluaran Anda sebulan. Hal ini akan membantu Anda bisa bertahan setidaknya selama 6 bulan tanpa memiliki pekerjaan. Anda juga bisa meningkatkan dana darurat agar kondisi keuangan Anda lebih stabil. 

Perjalanan yang Tidak Terduga

Ada kalanya terjadi suatu kejadian yang tidak terduga seperti keluarga yang ada di luar kota atau luar negeri meninggal dunia atau sakit secara mendadak. Anda tentu merasa ingin mengunjungi keluarga jika terjadi hal seperti itu. Oleh karena itu, dana darurat dapat digunakan untuk membayar tagihan perjalanan Anda tersebut.