PT Bukit Asam Tbk (PTBA)
Korporasi

Bukit Asam (PTBA) Jajaki Pengembangan Sektor EBT

  • PTBA tengah menjajaki potensi kerja sama pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lokasi operasional Semen Indonesia Group (SIG).
Korporasi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan melakukan pengembangan ke sektor energi baru terbarukan (EBT). PTBA tengah menjajaki potensi kerja sama pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lokasi operasional Semen Indonesia Group (SIG).

Direktur Utama Bukit Asam Arsal Ismail mengungkapkan, PTBA melalui anak usahanya, PT Bukit Energi Investama (BEI) akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional pabrik PT Semen Padang.

"Rencananya pembangunan PLTS dengan kapasitas 40 Megawatt-peak (MWp) mencakup PLTS Rooftop dan PLTS Ground Mounted yang ditargetkan beroperasi secara komersial pada 2023 - 2024," kata dia dalam konferensi pers dilansir Sabtu, 29 Oktober 2022.

Arsal menjelaskan hal ini wujud konkret dukungan PTBA dalam upaya pengurangan emisi karbon global juga ditandai dengan sinergi bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) dalam pengembangan PLTS di jalan tol Jasa Marga Group.

Di antaranya pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara yang berkapasitas 400 Kilowatt-peak (kWp). Lalu ada PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara telah selesai dibangun dan diresmikan pada 21 September 2022, dilanjutkan dengan penjajakan potensi pengembangan PLTS di ruas jalan tol lainnya.

PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara juga mendukung Presidensi G20 Indonesia yang akan dilaksanakan di Bali pada November 2022. Sebelumnya, PTBA telah membangun PLTS di Bandara Soekarno Hatta melalui kerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero)

Nantinya PLTS tersebut terdiri dari 720 solar panel system dengan photovoltaics berkapasitas maksimal 241 kWp dan terpasang di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC). PLTS ini telah beroperasi penuh sejak 1 Oktober 2020.