Photo by Bich Tran: https://www.pexels.com/photo/inspirational-quotes-written-on-a-planner-636237/
Gaya Hidup

Bullet Journal, untuk Hidup Lebih Bermakna

  • Apakah Anda pernah lelah hingga putus asa karena sibuk dengan pikiran Anda yang tidak bisa diam ? Apakah Anda terus menerus memikirkan hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang ingin dicapai hingga menjadi beban dan membuat Anda tidak produktif saat bekerja ? Ryder Caroll seorang desainer produk digital dari New York Amerika menemukan sebuah metode untuk membantu mengorganisir pikiran Anda bernama Metode Bullet Journal atau disingkat BuJou pada tahun 2014. Metode ini dikembangkan oleh Caroll saat dirinya didiagnosis mengidap Attention Deficit Disorder atau ADD yaitu kelainan yang membuat seseorang sulit mengontrol tindakannya, dan sulit fokus atau memperhatikan suatu kondisi.

Gaya Hidup

Rumpi Rahayu

JAKARTA - Apakah Anda pernah lelah hingga putus asa karena sibuk dengan pikiran Anda yang tidak bisa diam? Apakah Anda terus menerus memikirkan hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang ingin dicapai hingga menjadi beban dan membuat Anda tidak produktif saat bekerja?

Ryder Caroll seorang desainer produk digital dari New York Amerika menemukan sebuah metode untuk membantu mengorganisir pikiran Anda bernama Metode Bullet Journal atau disingkat BuJou pada tahun 2014. Metode ini dikembangkan oleh Caroll saat dirinya didiagnosis mengidap Attention Deficit Disorder atau ADD yaitu kelainan yang membuat seseorang sulit mengontrol tindakannya, dan sulit fokus atau memperhatikan suatu kondisi.

Caroll mengatakan dengan bullet journal seseorang dapat memantau kegiatan masa lalu, mengatur kegiatan sekarang, dan merencanakan kegiatan yang akan datang. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai bullet journal sangatlah sederhana,

Siapkan Buku 

Langkah pertama adalah siapkan buku yang akan Anda gunakan untuk bullet journal, tidak ada kriteria khusus tentang buku ini Anda dapat menggunakan segala jenis buku.

Buat Index

Di halaman awal, gunakan dua halaman yaitu disebelah kanan dan kiri sebagai index. Halaman ini berfungsi sebagai daftar isi untuk buku bullet journal Anda

Buat Future Log 

Di dua halaman kosong berikutnya, buatlah future log. Tulis judul dibagian paling atas sebagai Future Log. Bagi menjadi 6 bagian dan isi nama bulan di masing-masing bagian dari Januari hingga Desember. Anda dapat mengisi tanggal ulang tahun teman, rencana wisata, hari libur besar hingga tugas jangka panjang disini.  

Buat Monthly Log

Di dua halaman kosong berikutnya, buatlah monthly log. Pada halaman sisi kiri isi dengan kalender bulanan mulai dari tanggal 1 hingga 31. Di sisi kanan halaman tuliskan semua kegiatan yang perlu Anda selesaikan di bulan tersebut. Monthly log ini akan memberikan gambaran keseluruhan tentang apa yang akan Anda lakukan sebulan kedepan.

Buat Daily Log 

Di halaman berikutnya, buatlah daily log. Daily log berisi kalimat-kalimat tugas secara singkat layaknya to do list

Setiap tugas akan masuk ke dalam salah satu kategori dan Anda harus membuat simbol-simbol untuk masinng-masing kategori. Simbol-simbol ini Anda tuliskan di depan kalimat-kalimat tugas untuk membedakan kategori masing-masing tugas. Simbol-simbol itu antara lain 

Tugas: •
Acara: O
Catatan: —
Prioritas: *
Inspirasi: !


Nah itu tadi metode bullet journal yang dapat Anda gunakan agar hidup Anda lebih bermakna. Setelah mencobanya Anda dapat memodifikasi dengan metode yang paling cocok untuk Anda.